6 Aktivitas Seru Selama Musim Liburan Sekolah, Bikin Anak Tetap Happy!

Liburan sekolah sudah tiba. Inilah saat yang tepat bagi orangtua untuk menjalin ikatan dengan anak-anak dan membiarkan mereka bermain dengan bebas. Meski demikian, musim liburan seperti ini juga bisa memicu stres ketika kebosanan mulai muncul pada anak.

Banyak orangtua bingung mencari pilihan bagaimana membuat anak-anak tetap sibuk selama masa libur sekolah.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat orangtua lakukan untuk melibatkan anak selama liburan panjang, dirangkum dari Citizen Digital.

1. Membuat Kue


Membuat Kue/Foto: Unsplash/Annie Spratt

Jika kamu ingin tetap produktif di rumah, libatkan anak-anak dalam aktivitas memasak dan membuat kue. Biarkan mereka memilih berbagai resep yang bahan-bahannya sederhana dan kamu punya di rumah.

Anak dapat mengerjakan instruksi resep selangkah demi selangkah, sementara kamu dapat membantu mereka dalam prosesnya. Ini bukan hanya aktivitas yang menyenangkan, tetapi juga merupakan keterampilan hidup yang penting bagi anak-anak.

2. Berenang

Berenang/Foto: Unsplash/rajat sarki

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang tinggal di dekat air memiliki tingkat stres psikologis yang lebih rendah.

Ruang biru seperti lautan, danau, dan sungai ternyata sangat berdampak positif terhadap manusia, daripada ruang hijau seperti taman dan halaman rumput. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk liburan ke pantai atau sekadar berenang di waterpark. Ini akan memberikan efek menenangkan bagi anak-anak.

3. Permainan Outdoor

Permainan Outdoor/Foto: Unsplash/Markus Spiske

Waktu bermain di luar ruangan seharusnya tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat mendorong anak-anak untuk mematikan perangkat digital. Kita tentu tahu bahwa anak-anak jaman sekarang sangat sulit untuk menjauh dari perangkat digital seperti gadget. Jadi, solusi terbaiknya adalah mengajak anak bermain atau beraktivitas di luar ruangan.

Bermain di luar ruangan memungkinkan anak berolahraga dan memperoleh keterampilan motorik halus. Ini juga bisa membantu memperkuat tulang dan mencegah obesitas. Terlebih, udara segar di luar ruangan juga akan membantu kamu merasa jauh lebih baik, Beauties.

4. Berkebun

Berkebun/Foto: Unsplash/Filip Urban

Aktivitas luar ruangan yang tidak kalah menarik untuk anak-anak adalah berkebun. Kamu bisa menyiapkan petak kecil di taman agar anak-anak bisa menanam apa saja yang mereka inginkan, pilihlah tanaman yang cepat tumbuhnya. Menyaksikan tanaman tumbuh akan memberikan mereka kepuasan karena berhasil menanamnya.

5. Membuat Kerajinan

Membuat Kerajinan/Foto: Unsplash/Sigmund

Salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat mengeksplorasi sisi kreatif anak adalah melukis dan membuat sketsa. Selain itu, anak-anak juga bisa merancang perhiasan menggunakan manik-manik atau kerang. Aktivitas membuat kerajinan seperti ini bisa membantu anak-anak agar tidak bosan ketika libur sekolah.

6. Pergi Piknik

Pergi Piknik/Foto: Unsplash/noor vasquez photo

Piknik termasuk alasan yang bagus untuk kamu keluar rumah dan menikmati waktu bersama keluarga. Ingatlah untuk mengemas perlengkapan untuk dinikmati ketika piknik, seperti layang-layang dan bola sepak.

Jika tidak ingin pergi jauh, kamu bisa mengajak anak-anak untuk piknik di halaman belakang rumah, Beauties. Kamu bisa membuat permainan berburu harta karun agar piknik menjadi lebih seru. Buatlah peta harta karun dengan petunjuk untuk menemukan harga karun yang kamu sembunyikan di suatu tempat yang tidak terlihat di sekitar rumah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)