6 Aktivitas Fisik yang Ampuh Bakar 500 Kalori dalam Sehari, Mau Coba yang Mana?

Berbicara tentang cara terbaik untuk membakar 500 kalori, tentu kita membutuhkan usaha yang ekstra. Namun, hal ini bisa kamu wujudkan apabila kamu memilih metode pelatihan yang tepat sesuai kondisi tubuh saat ini.

Tyler Read, seorang personal trainer bersertifikat NASM menguraikan berbagai cara terbaik untuk membakar kalori sebanyak 500 kalori setiap hari dan dapat kamu terapkan ke dalam rutinitas kebugaraanmu.

Pada dasarnya, jumlah kalori yang sebenarnya dibakar akan bergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti berat badan, usia, tingkat kebugaran, dan massa otot. Berikut ini beberapa latihan fisik yang paling umum untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, dirangkum dari Eat This!

Berenang


Berenang/Foto: Unsplash/Haley Phelps

Para pencinta renang, bersuka citalah! Berenang ternyata dapat membantu kamu untuk mempercepat pembakaran kalori. Latihan ini juga membuat seluruh tubuh kamu bergerak, sehingga sangat cocok untuk kamu tambahkan dalam rutinitas olahraga kamu. Umumnya, berenang gaya bebas dalam intensitas sedang dapat membakar sekitar 500 kalori dalam waktu sekitar 1 jam.

Bersepeda

Bersepeda/Foto: Unsplash/Viktor Bystrov

Bersepeda merupakan bentuk latihan aerobik yang dapat kamu manfaatkan sebagai pembakar kalori yang efektif. Ini berlaku pada penggunaan sepeda statis ataupun bersepeda dengan menempuh rute jalan favoritmu.

Menurut Read, bersepeda dengan kecepatan sedang, yaitu 14 hingga 16 mph efektif untuk membakar kalori dan memperkuat tubuh bagian bawah. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas dengan cara menempuh jalan berbukit atau rute yang lebih jauh.

Lompat Tali

Lompat Tali/Foto: Unsplash/Element5 Digital

Lompat tali bukan hanya untuk anak-anak, Beauties! Latihan fisik yang satu ini dapat membantu kamu mencapai sasaran membakar 500 kalori. Ini juga termasuk latihan dengan intensitas tinggi yang dapat meningkatkan koordinasi dan daya tahan kardiovaskular.

Berlari

Berlari/Foto: Unsplash/Gabin Vallet

Berlari dengan kecepatan tetap 6 mph atau 10 menit/mil dapat membakar sekitar 500 kalori dalam waktu sekitar 45 menit. Jika kamu tertarik dan ingin menurunkan berat badan dengan cepat, kamu bisa mencoba untuk rutin berlari. Pasalnya, lari juga efektif karena melibatkan banyak kelompok otot dan meningkatkan detak jantung secara signifikan.

Latihan HIIT

Latihan HIIT/Foto: Unsplash/Geert Pieters

Latihan HIIT (High-Intensity Interval Training) juga bisa menjadi latihan pembakar kalori yang luar biasa. HIIT bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin meningkatkan proses pembakaran kalori sepanjang hari. Secara keseluruhan, latihan ini dapat kamu lakukan dengan cara beralih antara latihan intens singkat dan periode istirahat atau latihan intensitas rendah.

Aerobik

Aerobik/Foto: Unsplash/bruce mars

Terakhir, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan latihan aerobic untuk membakar 500 kalori. Kamu bisa melakukannya secara individu di rumah dengan mengikuti video latihan online atau bergabung dengan kelas aerobik. Latihan ini biasanya akan melibatkan gerakan yang terinspirasi dari tarian sehingga kamu bisa membakar banyak kalori sambil bersenang-senang.

Tertarik mencoba yang mana, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)