5 Ungkapan Basa-Basi yang Bikin Orang Lain Auto Tertarik Denganmu, Suasana Obrolan Jadi Seru!

Memberikan kesan pertama yang baik terhadap orang lain sangatlah penting. Tapi, bagaimana kamu bisa berhasil melakukannya jika kamu tidak pandai berbasa-basi?

Tenang saja, meskipun basa-basi bukan keahlian kamu, ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Kamu perlu mempelajari tentang seni obrolan ringan agar bisa berinteraksi lebih lanjut dalam sebuah percakapan.

Merangkum dari Expert Editor, inilah beberapa ungkapan yang bisa kamu masukkan ke dalam percakapan yang bisa membuat orang lain langsung merasa nyaman dan menyukai kamu.

Aku Suka…

Ungkapan pertama yang bisa kamu sampaikan adalah sesederhana mengatakan “Aku suka jaketmu,” atau “Topi itu bagus sekali.” Memberikan pujian semacam ini kepada orang lain dapat membuat seseorang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Ini juga bisa menunjukkan bahwa kamu cukup ramah.

Meski demikian, kamu tetap harus mengikuti aturannya. Pastikan kamu memberikan pujian hanya jika kamu bersungguh-sungguh. Pasalnya, seseorang biasanya akan mengetahui jika kamu tidak bersungguh-sungguh memujinya.

Selain itu, jangan memuji tubuh orang lain, seluruhnya atau sebagian. Kecuali kamu yakin konteksnya mengizinkannya. Misalnya, jika kamu seorang dokter mata, kamu bisa saja memberi tahu bahwa pasienmu memiliki mata yang bagus.

Bolehkah Saya Meminta Bantuanmu?

Ilustrasi/Foto: Freepik

Ini mungkin terdengar aneh. Kamu mungkin akan berpikir mengapa seseorang yang baru kamu temui ingin membantu kamu? Bukankah itu adalah hal yang kamu tanyakan pada orang yang kamu kenal baik dan merasa bisa membalasnya? Atau bukankah ini terlalu berlebihan?

Kunci dalam menggunakan ungkapan yang satu ini adalah menindaklanjutinya dengan sesuatu yang sama sekali tidak berbahaya. Misalnya, kamu ingin mengatakan “Bisakah kamu memberi tahu aku di mana dapurnya” atau “Bisakah kamu menunjukkan cara menggunakan aplikasi ini?”

Nah, ketika seseorang membantu kamu, kemungkinan mereka akan merasa menyukai kamu. Seperti halnya kita yang hanya akan melakukan kebaikan untuk orang yang kita sukai.

Saya Sangat Senang Berbicara Denganmu!

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Mengatakan ungkapan seperti ini bisa membuat orang yang kamu ajak bicara mengetahui bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Ini sangat penting karena hampir semua orang merasa gugup saat berbasa-basi dan bertemu orang baru. Ini juga bisa menjadi sesuatu yang lebih pribadi dan terdengar ramah.

Namun, pastikan kamu mengatakannya secara tulus. Jika percakapan kamu benar-benar canggung, tersendat-sendat, dan penuh gesekan, kamu masih bisa berinteraksi dengan anggun dengan mengucapkan, “Terima kasih atas percakapannya” yang sederhana.

Hal ini bisa menjadi cara untuk tetap membuat orang lain mengetahui bahwa kamu menghargai waktunya meskipun keadaannya tidak berjalan baik.

Saya Rasa Ini Akan Menarik Bagi Kamu!

Ilustrasi/Foto: Freepik

Apabila kamu tidak mengenal seseorang dengan baik, mungkin sulit menemukan topik yang dia sukai atau topik yang bisa kamu bicarakan secara umum. Jadi, ketika kamu menemukan sesuatu tentang orang lain yang dapat kamu hubungkan, ini adalah ungkapan yang bagus untuk membantu fokus pada topik tersebut. Cara ini juga dapat mengawali cerita atau fakta tentang subjek yang menurut kamu unik atau menghibur.

Apakah Kamu Tahu Banyak Tentang…

Foto: freepik

Kamu bisa mencoba mencari tahu sesuatu yang diketahui seseorang di awal percakapan atau bahkan melalui reputasinya. Kamu bisa menanyakan pertanyaan yang ditargetkan dan kamu sudah mengetahui jawabannya.

Misalnya, jika kamu mendengar seseorang adalah seorang insinyur, kamu bisa bertanya, “Apakah kamu tahu banyak tentang pembangunan jalan?” atau pertanyaan serupa lainnya. Jika kamu merasa tidak enak untuk mengatakannya, kamu bisa menambahkan kalimat, “Karena saya dengar kamu seorang insinyur.”

Ungkapan seperti ini bisa membantu membuat seseorang menjadi lebih terbuka dan mulai berbicara, karena orang paling mudah membicarakan hal-hal yang mereka ketahui dan sukai. Sementara itu, mereka juga akan senang menemukan seseorang yang tertarik pada sesuatu yang mereka minati. Itu adalah cara yang pasti untuk mendapatkan apresiasi dari lawan bicaramu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)