5 Tren Fashion Booming di 2023, Gaya Tanpa Celana hingga Tampilan Old Money

Selamat tinggal 2023. Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan menyambut tahun 2024. Di akhir tahun ini merupakan momen yang tepat untuk melihat kembali bagaimana perjalanan fashion sepanjang 12 bulan ini. Mulai dari runway, street style hingga media sosial yang menjadi arena kreativitas para fashion enthusiast.

Fashion selalu menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Perkembangan fashion tahun ini tidak lepas dari pengaruh trend film dan juga konser musisi ternama yang digelar tahun ini. Yuk! Lihat kembali trend fashion yang banyak diminati tahun ini.  

No Pants Trend

Trend fashion yang viral sepanjang 2023/Foto: Instagram/miumiu

Kreativitas fashion tidak pernah kehabisan ide. Setelah tahun kemarin micro skirt menjadi tren, tahun ini rok dan celana harus tetap tersimpan rapih dalam lemari. Brand fashion ternama seperti Marni, Miu Miu, Prada, Christian Dior, Coperni, SIMKHAI dan Ferragamo menonjolkan bagian kaki untuk koleksi yang dikeluarkan tahun 2023.

Coperni, Prada dan SIMKHAI mengeluarkan mantel dan blazer yang memiliki fungsi ganda sebagai mini dress. Sementara Miu Miu memberikan sentuhan glamor dengan Emma Corin yang berjalan di runway mengenakan gold sequin underwear.

Underwear as outerwear. Gaya berbusana ini telah diikuti oleh berbagai nama besar seperti Rihanna, Taylor Swift, Kendall Jenner, Kylie Jenner, Bella Hadid, Hailey Bieber, dan juga Jennie Kim dari Blackpink.

Balletcore

Trend fashion yang viral sepanjang 2023/Foto: Instagram/jennyrubyjane

Jennie Blackpink menjadi salah satu selebriti yang mempopulerkan tren ini selama Born Pink Tour. Tren ini mulai diminati pada akhir tahun 2022 dan puncaknya pada pertengahan tahun ini. Sesuai namanya tren fashion ini meliputi berbagai fashion item yang melekat pada ballerina mulai dari tutu skirt, ballet flats, bodysuits, pita, hingga leg warmers.

Balletcore banyak disukai karena memberikan nostalgia masa kecil dan juga sentuhan feminin. Selebriti yang pernah mengenakan tren ini diantaranya ada Bella Hadid, Hailey Bieber, dan juga Emma Stone.

Barbiecore

Trend fashion yang viral sepanjang 2023/Foto: Instagram/selenagomez

Terasa kurang apabila membicarakan tren tahun ini tanpa memasukan Barbiecore. Film Barbie garapan Greta Gerwig tidak hanya menjadi film fenomenal tahun ini, namun juga menjadi tren fashion yang mendominasi.

Hot pink yang merupakan warna ciri khas Barbie menjadi warna yang banyak digunakan tahun ini. Warna ini tampil diberbagai runway, karpet merah dan juga memenuhi feed Instagram.

Tren ini memberikan kesan girly, sweet, seductive dan juga berani. Gigi Hadid, Florence Pugh, Conan Gray, Billy Porter, Anne Hathaway, Selena Gomez dan Dua Lipa menjadi selebritis yang mempopulerkan warna ini.

Metalic dan Rhinestone

Trend fashion yang viral sepanjang 2023/Foto: Instagram/beyonce

Dari Taylor Swift hingga Beyonce, 2023 merupakan tahun musik dan fashion. Pertunjukan musik musisi ternama tersebut menjadi salah rujukan fashion tahun ini. Selama rentang 56 pertunjukan Renaissance Tour, Beyonce telah berkerjasama dengan berbagai brand fashion seperti Alexander McQueen, Prada, dan Mugler. Menurut analisis  data dari Google Search Data fashion item berwarna silver seperti cowboy boots, disco cowboy hat, hingga corset menjadi global trend.

Begitupun dengan tampilan Taylor Swift yang glamour dengan busana bersinar dipenuhi kristal. Tahun ini benar-benar bersinar berkat dua musisi ternama tersebut.

Quiet Luxury

Trend fashion yang viral sepanjang 2023/Foto: Instagram/brunellocucinelli_brand

Quiet luxury atau dikenal juga dengan old money aesthetic merupakan tampilan gaya berbusana yang terinspirasi dari orang kaya lama. Tampilan ini memiliki ciri khas busana dengan warna-warna netral dan tampilan “no logo” brand ternama.

Tren ini berfokus pada tampilan yang rapih, minimalis dan tailored. Brunello Cucinelli, Ralph Lauren, Tom Ford, dan Zegna menjadi contoh brand yang menjadi rujukan tampilan ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)