5 Tanda Kamu Menjalani Hubungan Sepihak, Hanya Berjuang Sendirian

One sided relationship atau hubungan sepihak ditandai dengan satu orang yang memberikan lebih banyak energi dan upaya agar hubungan kamu berjalan dengan baik. 

Ketika kamu menjalani hubungan sepihak, tenaga kamu akan terkuras, serta menjadi tantangan untuk mempertahankan hubungan jangka panjang. Hubungan sepihak ini bagian dari toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat, Beauties.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hubungan sepihak. Salah satunya adalah trauma hubungan masa lalu, yang menjadi alasan seseorang sulit menjalani peran di hubungan selanjutnya.

Lantas, apa saja, sih, tanda-tanda kamu menjalani hubungan sepihak? Simak ulasannya yang telah dirangkum dari beberapa sumber. 

1. Satu Orang yang Berusaha

Satu orang yang berusaha/Foto:freepik.com

Dilansir dari Marriage, saat kamu menjalani hubungan sepihak, kamu yang akan berusaha membuat pasangan kamu istimewa. Kamu yang memulai percakapan, merencanakan kencan, hingga mengirimkan kata-kata manis.

Kamu yang berjuang untuk pasangan kamu, tanpa merasakan hal yang sama dari pasangan. Hal ini jelas tanda bahwa kamu menjalankan hubungan sepihak. 

Jika kamu merasakan kondisi tersebut, kamu bisa diskusikan dengan pasangan kamu, agar pasangan tahu apa yang kamu rasakan. 

2. Tidak Dapat Mengandalkan Mereka

Tidak dapat mengandalkan mereka/Foto:freepik.com/jcomp

Ketika pasangan kamu dalam keadaan suka maupun duka, kamu akan selalu ada untuk pasangan kamu. Memberikan perhatian hingga memberikan waktu yang kamu miliki untuk menemani dia.

Namun, ketika kamu membutuhkan support dari pasangan kamu, dia tidak bisa dan tidak peduli dengan apa yang kamu alami tersebut. Hal ini menjadi tanda bahwa hubungan yang kamu jalani adalah hubungan sepihak. 

3. Merasa Stres atau Tertekan

Merasa stres atau tertekan/Foto:freepik.com

Ketika menjalani hubungan, sepatutnya kamu tidak boleh merasakan tidak dicintai atau tidak boleh merasa kurang dicintai.

Hubungan yang dijalani sepihak jarang memiliki masa depan. Kalau pun bisa, kamu akan berusaha keras agar hubungan kamu tetap baik-baik saja, yang berdampak pada emosional, fisik, maupun finansial. 

 

4. Meremehkan Pendapat

Meremehkan pendapat/Foto: Drazen Zigic

Dalam hubungan sehat, kedua orang yang terlibat dalam hubungan tersebut harus saling mendengarkan dan mencoba memahami satu sama lain.

Jika pasangan kamu tidak menghiraukan apa yang kamu pikirkan atau kamu rasakan, itu tanda bahwa hubungan kamu hanya sepihak. 

5. Tidak Memikirkan Masa Depan

Tidak memikirkan masa depan/Foto:freepik.com/stockking

Tujuan kamu berhubungan adalah untuk sampai ke pernikahan, bukan? Percakapan mengenai masa depan menjadi topik yang selalu dinantikan untuk beberapa pasangan.

Dikutip dari Womens Healtlh, jika pasangan kamu menghindari untuk membicarakan masa depan dengan kamu, patut dicurigai. Hal ini bisa jadi salah satu ciri-ciri hubungan sepihak. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)