5 Rekomendasi Dokumenter Serial Killer yang Bikin Merinding di Netflix, Salah Satunya ‘Curry and Cyanide’

Dokumenter serial killer di Netflix selalu diminati banyak orang. Dokumenter ini menyajikan kasus kriminal atau pembunuhan yang keji dari berbagai negara di dunia. 

Salah satu dokumenter yang paling baru ialah Curry & Cyanide: The Jolly Joseph Case tentang pembunuhan berencana di India. Film dokumenter tersebut sempat masuk ke dalam Top 10 Film di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Bagaimana kisah pembunuhan di Curry & Cyanide? Dan apa saja dokumenter kriminal yang bisa membuatmu tercengang? Simak penjelasan dan daftarnya di bawah ini. 

1. Curry and Cyanide: The Jolly Joseph Case

Jolly Joseph dan Suami/Foto: Netflix

Jolly Joseph adalah seorang perempuan India yang telah menghabisi nyawa enam orang terdekatnya. Dalam kurun waktu 14 tahun, ia telah membunuh suaminya, ayah mertua, ibu mertua, paman, serta istri dan anak dari sepupunya. 

Kasus ini dikenal sebagai kasus Pembunuhan Sianida Koodatha karena ia membunuh enam orang tersebut dengan sianida. Apa saja alasannya dan bagaimana kasus ini bisa terungkap? Kamu bisa menemukan jawabannya di dokumenter yang berdurasi 1 jam lebih 35 menit tersebut.

2. Don’t F**k with the Cat: Hunting an Internet Killer

Poster Don’t F**k With Cats/Foto: Netflix

Don’t F**k with the Cats sempat menjadi bahan perbincangan netizen di seluruh dunia pada saat awal perilisannya yakni di tahun 2019. 

Kasus ini berawal dari adanya video seorang pria yang menyiksa kucing di internet. Video tersebut membuat amarah banyak orang hingga mereka mencari siapa pria yang tega memperlakukan kucing seperti itu. 

Setelah ditelusuri, lelaki tersebut bernama Luka Magnotta yang merupakan aktor pornografi dari Kanada. Yang lebih membuat plot twist, Magnotta ternyata pelaku pembunuhan dan mutilasi terhadap Jun Lin, seorang mahasiswa internasional asal China. 

3. The Yellow Raincoat Killer: Chasing a Predator in Korea

Yoo Young Chul, Pembunuh Berantai di Korea Selatan/Foto: Netflix

Jika kamu penggemar drama Korea, kamu mungkin familiar dengan kasus ini, Beauties. Yups, kasus ini menjadi inspirasi dalam pembuatan salah satu kisah dalam beberapa judul drakor seperti Signal, Taxi Driver, Mouse, hingga The Chaser

Melalui The Yellow Raincoat Killer: Chasing a Predator in Korea, Netflix menyuguhkan kilas balik kisah pembunuhan yang dilakukan oleh Yoo Young Chul atau biasa dikenal dengan raincoat killer

Pembunuhan ini berlangsung pada tahun 2003-2004 dan menargetkan perempuan lansia yang kaya raya serta perempuan tunasusila yang masih muda. Si pelaku membunuh dengan cara memukul kepala korban dengan palu buatannya sendiri.

4. Girl in the Picture

Girl in the Picture/Foto: Netflix

Seorang perempuan bernama Tonya Hughs ditemukan terluka dalam kecelakaan tabrak lari. Nyawanya tak tertolong meski sempat dirawat di rumah sakit. Ia meninggalkan seorang suami dan anak kecil berusia 2 tahun. 

Sang suami menganggap ada kejanggalan pada kecelakaan tersebut. Saat detektif menelusuri lebih lanjut, terkuak banyak misteri yang terdapat dalam Tonya, suami, dan keluarganya. 

Girl in the Picture tak menguak tentang kematian perempuan itu saja, tetapi juga tentang pencurian data hingga pembunuhan. Dokumenter ini akan membuatmu bergidik dan pilu secara bersamaan setelah selesai menontonnya. 

5. Night Stalker: The Hunt For a Serial Killer

Ricardo ‘Richard’ Leyva Muñoz Ramírez, Pelaku Pembunuhan di California/Foto: Netflix

Yang terakhir, ada Ricardo ‘Richard’ Leyva Muñoz Ramírez yang bakal menghantuimu lewat serial dokumenter berjudul Night Stalker: The Hunt For a Serial Killer.

Dilansir dari CNNIndonesia, Richard adalah seorang night stalker (penguntit di malam hari) dan pembunuh berantai yang telah didakwa dengan penculikan, pemerkosaan, penyiksaan anak, perampokan, serta pembunuhan di California. 

Di serial ini, kamu akan melihat aksi dua detektif yang memecahkan aksi kriminal yang dilakukan oleh Richard. Pelaku berhasil tertangkap dan diberi hukuman mati. Namun, ia meninggal dunia di dalam tahanan saat menjalani hukumannya. 

Beauties, perlu diingat bahwa kelima dokumenter kriminal di Netflix memuat beberapa adegan yang dapat men-trigger trauma. Oleh karena itu, tonton secara bijak, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(naq/naq)