5 Rahasia Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Dini, Orangtua Wajib Tahu!

Setiap orangtua tentu mengharapkan anaknya tumbuh cerdas. Nah, hal ini bisa orangtua upayakan dengan memperhatikan cara mendidiknya sejak dini. Pasalnya, cara mendidik anak akan memengaruhi tumbuh-kembangnya. Itulah sebabnya, orangtua perlu tahu tips mencerdaskan anak.

Kecerdasan anak bukan hanya dikembangkan di sekolah saja, tetapi juga dipengaruhi oleh cara orangtua dalam mendidik dan membesarkannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan kecerdasan anak yang bisa orangtua lakukan.

1. Luangkan Waktu untuk Mengajaknya Bermain

Salah satu tips meningkatkan kecerdasan anak adalah meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain. Sebab, anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga orangtua bisa memberikan permainan untuk melatih pemikirannya, mendorong kreativitas, melatih kemandirian, hingga membangun keterampilan memecahkan masalah.

Orangtua bisa mengajak anak bermain yang lebih tidak terstruktur. Hal ini akan membantu meningkatkan perkembangan intelektual serta mendukung pertumbuhannya.

2. Mengajak Anak Membaca

Ilustrasi/pexels.com/Andrea Piacquadio

Tips meningkatkan kecerdasan anak selanjutnya adalah dengan mengajak anak untuk membaca bersama. Dikutip dari laman Connections Academy, membaca bisa membantu meningkatkan kecerdasan serta melatih kemampuan berbahasa anak.

Ibu bisa membacakan buku kepada anak saat hendak tidur atau mengajaknya berlatih membaca di waktu senggang. Hal ini akan membantunya untuk menambah kosakata baru.

3. Membiarkan Anak Aktif Bergerak

Ilustrasi/pexels.com/Ketut Subiyanto

Cara meningkatkan kecerdasan anak selanjutnya adalah dengan membiarkannya senantiasa aktif bergerak. Pada dasarnya, aktif bergerak bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan kecerdasan.

Melakukan latihan aerobik misalnya, bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar serta merangsang daya ingat. Di samping itu, berolahraga juga baik untuk menjaga kesehatan mental anak.

4. Menetapkan Rutinitas Tidur yang Baik

Ilustrasi/pexels.com/Artem Podrez

Tips meningkatkan kecerdasan anak lainnya adalah menetapkan rutinitas tidur yang baik. Sebab, waktu tidur yang cukup bisa memengaruhi kinerja si kecil sepanjang hari dan meningkatkan kecerdasannya.

Pada dasarnya, anak usia prasekolah membutuhkan waktu tidur sekitar 10-13 jam, anak sekolah dasar perlu tidur selama 9-12 jam, dan anak usia sekolah menengah membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 8-10 jam.

5. Belajar Musik

Ilustrasi/pexels.com/MART PRODUCTION

Cara meningkatkan kecerdasan anak yang terakhir adalah dengan memperkenalkan musik kepada si kecil. Belajar musik bisa membantu meningkatkan kreativitas, kinerja otak, dan motorik anak. Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa belajar musik bisa membantu meningkatkan keterampilan matematika, lho.

Nah, itulah sederet trik meningkatkan kecerdasan anak yang bisa orangtua coba di rumah. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)