5 Perempuan Berprestasi yang Sukses Memimpin Perusahaan Skala Dunia

Dewasa ini, peran perempuan di bidang profesional sudah makin banyak diperhitungkan. Mereka nggak lagi hanya bertugas di belakang saja, namun juga bisa menunjukkan keahlian menjadi seorang pemimpin. Hebatnya lagi, menjadi pemimpin perusahaan skala dunia.

Seperti kelima perempuan hebat di Indonesia ini. Mereka membuktikan perempuan juga bisa memimpin perusahaan besar dan salah satunya masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia. Penasaran nggak Beauties, siapa saja mereka?

Nicke Widyawati

Nicke Widyawati/Foto:instagram.com/nicke_widyawati

Pertama adalah Nicke Widyawati, Direktur Utama PT. Pertamina. Perempuan kelahiran Tasikmalaya 56 tahun lalu ini berada di peringkat 51 dalam daftar Forbes The World’s Most Powerful Women 2023.

Nicke Widyawati telah mendapat tanggung jawab sebagai Dirut Pertamina sejak tahun 2018 hingga kini. Bersama beliau, banyak prestasi yang diraih oleh PT. Pertamina. Tahun 2023 lalu, Nicke berhasil membawa Pertamina memecahkan rekor, yaitu perusahaan yang meraih PROPER emas terbanyak di Indonesia.

Karena itulah, Nicke mendapatkan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu penghargaan Green Leadership Utama karena kerja kerasnya selama memimpin Pertamina yang berhasil menjalankan transisi energi juga menjaga ketahanan energi nasional.

Dian Andyasuri
Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Dian Andyasuri

Dian Andyasuri/ Foto: Shell Indonesia

Dian Andyasuri pernah menjabat sebagai President Director perusahaan Shell Indonesia mulai dari Januari 2020 hingga Juni 2022 dan sekaligus sebagai perempuan pertama di Indonesia yang menduduki jabatan ini. Perempuan yang memiliki latar belakang pendidikan Strata 1 di Universitas Trisakti jurusan Akuntansi pada tahun 1994 dan menempuh pendidikan magister di Brunel University ini pernah bekerja di beberapa perusahaan skala internasional dengan posisi mentereng.

Pernah bekerja di perusahaan Thames Water sebagai Business Analyst selama 1 tahun, Finance Analyst dan Internal Auditor selama 2 tahun, dan juga sebagai Deputy Chief Audit selama 6 bulan. Setelah itu beliau melanjutkan karier sebagai Senior Consultant di PA Consulting Group.

Kariernya di perusahaan Shell Indonesia dimulai dari Retail Finance Manager selama hampir 4 tahun, lalu Senior Strategy Consultant, Indonesia Cluster Marketing Manager, Business Director, hingga akhirnya menjadi President Director. Jika ditotal, Dian sudah mengabdikan diri di Shell Indonesia selama kurang lebih 14 tahun.

Febriany Eddy

Febriany Eddy/Foto:instagram.com/febriany.eddy

Masih belum selesai Beauties. Selanjutnya ada Febriany Eddy yang menjabat sebagai Chief Executive Officer PT Vale Indonesia. Febri, begitu sapaan akrab beliau, merupakan sosok yang bisa dibilang langka karena seorang perempuan bisa memiliki jabatan tinggi dalam dunia pertambangan yang biasanya banyak didominasi oleh pria.

Berbagai pengakuan bergengsi beliau dapatkan karena kerja keras dalam meniti kariernya, di antaranya Febri masuk dalam daftar Forbes Asia’s Power Businesswomen pada tahun 2022, Asia’s Top Sustainability Superwomen di tahun 2019, dan juga Top 25 Most Influential Women in Treasury in Asia Pacific 2015.

Sebelum Febriany diangkat menjadi CEO PT. Vale Indonesia pada tahun 2021, Febri menjabat sebagai CFO di tahun 2018 hingga 2019 lalu menjadi Deputy CEO selama dua tahun.

Alexandra Askandar

Alexandra Askandar/Foto:instagram.com/xandra_askandar

Superwomen selanjutnya berasal dari dunia perbankan, yaitu Wakil Direktur Utama PT. Bank Mandiri, Alexandra Askandar. Wanita 51 tahun ini mengawali kariernya di Bank Mandiri pada tahun 2000 sebagai Assistant Vice President.

Kariernya terus naik menjadi Vice President Corporate Banking sampai tahun 2008, lalu Senior Executive Vice President, Direktur Hubungan Kelembagaan hingga tahun 2019, Direktur Corporate Banking hingga tahun 2020, sampai menjadi Wakil Direktur Utama.

Selain itu, kinerja beliau diapresiasi dengan mendapatkan penghargaan, seperti 20 Most Powerful Women versi Fortune Indonesia dan juga masuk dalam daftar Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector dan SOE 2022 di Kota Solo.

Vera Eve Lim

Vera Eve Lim/Foto:instagram.com/veraevelim

Vera Eve Lim sudah lama berkiprah di dunia perbankan. Menjadi Commisioner di Adira Insurance selama 9 tahun (2008-2017), Commisioner di Adira Finance selama 8 tahun (2009-2017), Chief Financial Officer di Bank Danamon Indonesia, hingga menjadi Chief Financial Officer di Bank BCA.

Pada tahun 2023 lalu, beliau mendapatkan penghargaan Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) sebagai The Best Chief Financial Officer di industri perbankan. Menjadi seorang perempuan yang sukses, beliau mengatakan bahwa setiap orang perlu melakukan hal yang dicintai untuk menjadi passion agar mau memberikan yang terbaik dalam meraihnya.  

Itulah 5 daftar perempuan hebat pemimpin perusahaan dengan skala internasional. Keren-keren banget ya, Beauties. Jadi, nggak ada yang menjadi penghalang jika seorang perempuan ingin menjadi sesuatu yang besar. Satu-satunya yang menghalangi adalah dirimu sendiri.

 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)