5 Pelajaran Hidup Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Drakor Populer

Drama Korea tidak hanya memanjakan publik dengan visual para pemain atau plot cerita menarik. Ada banyak unsur-unsur kehidupan yang digambarkan serta ‘relate’ dengan kehidupan sehari-hari yang dialami masyarakat.

Tak sedikit pula pelajaran hidup yang digambarkan sebagai pengingat bagi para pemirsanya. Melansir dari Allkpop, ini dia beberapa pelajaran hidup berharga yang bisa kamu petik dari drama Korea populer, Beauties!

1. Kecantikan Bukan Segalanya

Choi Si Won dan Hwang Jung Eum di She Was Pretty/ Foto: allkpop.com

Rasa insecure mengenai penampilan diri sendiri kerap menggerogoti hati dan pikiran, terutama bagi perempuan saat merasa dirinya tak ‘cantik’. Perlu diingat, kecantikan itu relatif dan kecantikan bukan segalanya, Beauties.

Seperti yang digambarkan melalui drama Korea She Was Pretty (2015), di mana Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) sempat merasa tak percaya diri karena saat dewasanya parasnya tidak ‘cantik’.

Namun karena ketulusan dan kebaikan hatinya, hal tersebut menjadi pesona tersendiri bagi Kim Hye Jin. Bahkan membuat Kim Shin Hyuk (Choi Si Won) jatuh hati padanya sejak perkenalan pertama.

Hakikat kecantikan sejati, seperti yang disaksikan oleh Kim Shin Hyuk, tidak ada kaitannya dengan atribut fisik melainkan lebih pada karakter yang melekat.

2. Kesesuaian Penting dalam Sebuah Hubungan Percintaan
Potret adegan dalan drama Twenty Five Twenty One/Foto: hancinema.net

Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri di Twenty Five Twenty One/Foto: hancinema.net

Banyak aspek dalam hubungan percintaan yang membuat setiap orang mengalami romansa yang berbeda-beda. Meskipun pepatah mengatakan ‘perbedaan yang menyatukan’, namun ada kalanya perbedaan tersebut justru bisa melukai satu sama lain.

Seperti kisah Na Hee Do (Kim Tae Ri) dan Baek Yi Jin (Nam Joo Hyun) dalam drama Korea Twenty-Five Twenty-One (2022). Mereka memiliki impian dan cita-cita berbeda dan memutuskan untuk mewujudkannya, dalam kata lain keduanya memilih cita-cita dibanding cinta. Hal tersebut juga menjadi ‘pengingat’ untuk pemirsa bahwa tak semua kisah cinta bisa berakhir bahagia.

Kendati demikian, segala permasalahan dalam hubungan asmara hendaknya kamu bicarakan langsung dari hati ke hati dengan pasangan untuk menemukan jalan keluarnya dan terhindar dari salah paham ya, Beauties!

3. Keserakahan dan Rasa Putus Asa Bisa Berdampak Negatif
Still Cut Squid Game musim pertama/Foto: Netflix

Squid Game/ Foto: Netflix

Sebagai sosok manusia yang ‘fana’, sifat-sifat kurang baik seperti keserakahan dan putus asa kerap menghantui diri. Yang perlu kamu ingat, sifat-sifat tersebut bisa berdampak negatif pada kehidupan kamu, Beauties.

Pelajaran hidup berharga yang bisa kamu petik dari drama Korea mengenai hal ini digambarkan melalui Squid Game (2021). Banyak orang ‘gelap mata’ demi mendapatkan apapun yang diinginkan, seperti harta dalam jumlah berlimpah. Di balik itu semua, nyawa mereka yang menjadi taruhannya.

Mulailah menghargai apapun yang kamu miliki, Beauties, baik itu sedikit atau banyak, dan belajar lebih bersyukur dengan segalanya.

4. Segala Hal Harus Dilihat dari Berbagai Sisi
Koleksi sepatu Shin Min Ah dalam drama Hometown Cha Cha Cha yang bikin salah fokus/Foto: instagram.com/tvn_drama

Shin Min Ah di Hometown Ca-Cha-Cha/ Foto: instagram.com/tvn_drama

Beauties, pasti kamu pernah mendengar kalimat ‘semua hal harus dilihat dari berbagai sisi’, di mana kamu tidak bisa melihat suatu hal hanya dari satu sudut pandang saja. Begitu pula pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Sosok Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) yang tumbuh besar di perkotaan, sempat memandang skeptis pedesaan saat dirinya pindah ke desa Gyongjin. Namun seiring berjalannya waktu, dirinya mulai bisa beradaptasi dan memahami kebiasaan orang-orang yang sudah lama menetap di sana.

Hal tersebut juga mengubah penilaiannya yang awalnya penuh kecurigaan menjadi lebih terbuka.

5. Terbuka untuk Perubahan Positif
Summer Strike

Kim Seol Hyun di Summer Strike/ Foto: ENA Drama

Lewat salah satu drama Korea yang heartwarming yakni Summer Strike (2022), kamu diajak menjadi terbuka untuk perubahan positif, Beauties. Seperti Lee Yeo Reum (Kim Seol Hyun) yang sempat terjebak di lingkungan kerja toxic dan ingin lepas dari sana. Dia memutuskan resign dari pekerjaannya dan mulai menjalani hidup yang diinginkan.

Keputusan tersebut pun mengarahkan Lee Yeo Reum mengalami perkembangan diri luar biasa, dan menekankan pentingnya untuk mengambil langkah ‘berani’ demi kebaikan diri sendiri.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)