5 Negara Ini Rayakan Tahun Baru dengan Cara Unik, Ada yang Dipercaya Tangkal Nasib Buruk

Beauties, Tahun Baru akan segera tiba, nih! Apakah kamu sudah menyiapkan dekorasi, makanan, dan kembang api untuk menyambut malam pergantian tahun yang baru? Well, di Indonesia, perayaan malam Tahun Baru biasanya selalu identik dengan pesta kembang api dan berkumpul bersama keluarga maupun teman. 

Selain di Indonesia, beberapa lima negara ini ternyata juga punya tradisi Tahun Baru yang terbilang unik dan menarik. Penasaran? Yuk, simak berbagai tradisi Tahun Baru unik berikut ini. 

Ekuador – Membakar Orang-orangan Sawah


New Year’s/Foto: pexels.com/Ariful Haque

Orang-orang Ekuador biasanya merayakan pergantian malam tahun baru dengan cara membakar orang-orangan sawah dan foto-foto yang diambil dari tahun sebelumnya di lapangan terbuka sambil bersuka cita bersama-sama.

Membakar orang-orangan sawah dan foto-foto tahun sebelumnya ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan di tahun yang baru. 

Spanyol – Memasukkan 12 Anggur ke Dalam Mulut

Memasukkan 12 anggur ke dalam mulut adalah tradisi Tahun Baru di Spanyol (Tradisi Tahun Baru/Foto: pexels.com/Suzy Hazelwood)

Perayaan Tahun Baru yang unik berikutnya datang dari negara Spanyol. Di negara ini, momen pergantian tahun dirayakan dengan tradisi memasukkan 12 anggur ke dalam mulut. Tradisi ini disebut Las Doce Uvas De La Buena Suerte.

Memasukkan 12 buah anggur ke dalam mulut sebelum pergantian tahun, dipercaya dapat membawa keberuntungan dan menangkal nasib buruk sepanjang tahun baru. 

 

Jepang – Membunyikan Lonceng 108 Kali

Di Jepang selalu membunyikan lonceng 108 kali untuk merayakan Tahun Baru (Tahun Baru di Jepang/Foto: pexels.com/Nihongraphy N)

Lain halnya di Jepang, perayaan Tahun Baru dilakukan dengan membunyikan lonceng kuil sebanyak 108 kali. Tradisi ini dikenal dengan istilah Joya No Kane

108 dentang lonceng ini mewakili jumlah keinginan manusia yang menurut kepercayaan Buddha berkaitan dengan rasa sakit dan penderitaan. Joya No Kane ini bertujuan untuk membersihkan energi-energi negatif dari tahun sebelumnya.

Chili – Menginap di Kuburan

Untuk merayakan Tahun Baru, orang-orang di Chili biasanya akan menginap di kuburan (Perayaan Tahun Baru/Foto: pexels.com/Mike Bird)

Tradisi Tahun Baru di Chili ini terbilang cukup ekstrem, yaitu menginap di kuburan saat malam Tahun Baru tiba. Tradisi ini berawal dari sebuah keluarga yang menerobos masuk ke pemakaman supaya bisa menginap bersama anggota keluarga yang sudah meninggal pada saat malam Tahun Baru.

Hal ini kemudian dilegalkan oleh pemerintah dengan membuka pagar tempat pemakaman supaya setiap orang bisa menginap di pemakaman keluarga yang telah meninggal dunia. 

Siberia – Melompat ke Danau Beku

Perayaan Tahun Baru di Siberia adalah dengan melompat ke dalam danau beku (Siberia/Foto: pexels.com/Mitchell Henderson)

Tradisi unik Tahun Baru di Siberia ini juga terbilang cukup ekstrem, ya Beauties. Orang-orang di sana biasanya akan melompat ke dalam danau beku sambil memegang dahan pohon. Tradisi ini tidak dilakukan oleh semua orang Siberia, hanya mereka yang sudah terbiasa dan kuat saja yang melakukannya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)