5 Negara Banyak Penduduk Cerdas Punya Rata-Rata IQ Tertinggi, Ada Indonesia?

IQ seseorang tidak cuma mengukur kecerdasan orang tersebut, tapi juga kualitas hidup yang didapatkan. Jika rata-rata penduduk sebuah orang memiliki kecerdasan intelektual (IQ) tinggi, maka kualitas hidup pada negara tersebut pun bisa dikatakan baik. Sebab, negara mampu memenuhi kebutuhan rakyatnya, baik dari segi asupan gizi yang baik, ekonomi, hingga kualitas pendidikan.

Melansir World Population Review, studi tahun 2019 yang dilakukan oleh peneliti Richard Lynn dan David Becker dari Ulster Institute 5 negara teratas yang punya penduduk IQ tinggi. Berikut daftarnya.

5. China

China/ Foto: Thinkstock

Negara China menempati posisi ke-5 penduduk dengan rata-rata IQ tertinggi di dunia. Berdasarkan penelitian Lynn-Becker, perolehan skor rata-rata IQ penduduknya adalah 104.1. Angka tersebut menunjukkan kecerdasan normal manusia yang berada di rentang 90-109.

4. Hong Kong
ilustrasi hong kong

Hong Kong/ Foto: Angga Aliya ZR Firdaus/detikcom

Tambah satu poin adalah Hong Kong denga perolehan skor 105.37. Tingkat IQ normal ini didukung oleh kualitas pendidikan yang baik, berfokus pada inovasi teknologi, kemampuan berpikir kritis dan problem-solving sebagaimana diungkap dalam laman CogniDNA.

3. Singapura
Ilustrasi Singapura/ Foto: Pexels/Kin Pastor

Singapura/ Foto: Pexels/Kin Pastor

Singapura menempati posisi tiga dengan skor IQ rata-rata 105.89. Negara maju yang terletak di Asia Tenggara ini memang dikenal akan kualitas pendidikannya. CogniDNA menulis faktor yang memengaruhi tingkat kecerdasan penduduk Singapura adalah genetik dan sistem pendidikan kelas dunia. Selain itu, perekonomian kuat dengan fokus pada inovasi dan teknologi juga melengkapi kualitas hidup mereka.

2. Taiwan
Taipei city viewed from the hill in daytimet, Taiwan

Foto: Getty Images/iStockphoto/StockByM

Posisi dua ditempati oleh Taiwan dengan skor IQ rata-rata 106.47. Faktor yang memengaruhi kecerdasan ini pun tidak jauh berbeda dari Singapura, yakni genetik, sistem pendidikan yang inovatif dan berkembang pesat, serta pengembangan teknologi yang membuktikan kemampuan intelektual masyarakatnya serta memengaruhi penguatan ekonomi.

1. Jepang
Ilustrasi masyarakat Jepang

Jepang/ Foto: freepik.com/freepik

Berada di peringkat pertama adalah negara Jepang yang masyarakatnya punya IQ rata-rata 106.48. Dikenal sebagai negara paling pintar, kesuksesan sistem pendidikannya juga didukung populasi yang cerdas. Tak hanya dari genetik dan sistem pendidikan yang menunjang peningkatan kecerdasan, budaya kerja keras yang dikombinasi kecerdasan juga memampukan Jepang untuk hasilkan produk berkualitas tinggi sehingga mendorong perekonomian negara.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Masih dalam penelitian Lynn-Becker seperti yang dikutip dari DetikSumut, IQ rata-rata orang Indonesia masih di angka 78.49, peringkat ke-130 di Asia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)