5 Menu Sarapan Lezat Ini Sebaiknya Diskip, Ini Alasannya!

Beauties mungkin sudah sering mendengar bahwa sarapan adalah suplemen penting untuk memulai hari. Di samping itu pula, Beauties pun mungkin sudah merasakannya sendiri.

Namun, pernahkah Beauties terpikir seperti apa sebenarnya sarapan yang sehat dan ideal itu? Apakah menu sarapan yang selama ini Beauties konsumsi sudah tergolong sehat dan direkomendasikan?

Untuk menjawab ini semua, tentu Beauties perlu menyadari bahwa memang tidak semua sarapan tergolong sehat. Adapun menu sarapan sehat yang direkomendasikan setidaknya mengandung kombinasi protein, serat, dan lemak sehat. Ini diperlukan untuk membuat perut terasa kenyang hingga waktu makan siang tiba. Agar lebih jelas, dikutip dari laman Healthline, berikut adalah sederet jenis sarapan yang sebaiknya di-skip.

1. Muffin


Muffin/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Apakah Beauties salah satu pecinta makanan manis seperti muffin? Jika ya, mungkin menu satu ini juga pernah mampir di meja sarapan kamu, Beauties. Muffin memang sering dianggap sebagai pilihan cukup sehat untuk sarapan, terlebih jika mengandung bahan-bahan sehat seperti apel, gandum, ataupun blueberry.

Sayangnya, ini cukup keliru. Sebab, sebagian besar muffin dibuat dengan tepung putih halus, banyak gula, minyak, serta menawarkan sedikit serat maupun protein. Bahkan sebagian besar muffin sarat akan kalori. Jika memang ingin menghadirkan muffin sebagai pilihan menu sarapan, maka pilihlah muffin yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan atau buah-buahan, dan tambahan mineral.

2. Roti Panggang Mentega

Roti panggang mentega/ Foto: Freepik.com/freepik

Menu yang satu ini mungkin tidak kalah familiar di telinga Beauties. Ya, roti panggang mentega merupakan salah satu sarapan sederhana dan mudah. Kita hanya membutuhkan sepotong roti dan mentega untuk bisa menghadirkan santapan pagi yang renyah dan sedikit asin.

Sayangnya, opsi menu ini tidak dapat menopang kita dalam waktu yang lama karena kurangnya kandungan protein di dalamnya. Sebagian besar kalori dalam roti panggang mentega berasal dari karbohidrat dalam roti dan lemak dari mentega.

Namun, jika tetap ingin menjadikan roti panggang mentega sebagai menu sarapan, maka pilihlah roti gandum dan tambahkan topping yang kaya protein seperti dada ayam suwir dan telur. Selain itu, menambahkan irisan sayuran semisal mentimun, tomat, atau sayuran hijau lainnya dapat meningkatkan kandungan nutrisi.  

3. Sereal Manis

Sereal manis/ Foto: Freepik.com/freepik

Selanjutnya ada sereal manis yang cukup umum dijadikan pilihan sarapan. Namun sayangnya, sereal manis ini biasanya penuh dengan gula dan rendah protein. Ini juga berarti bahwa ia dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan emosional seperti membuat kita mudah marah.

Bahkan, jika Beauties memilih sereal tanpa pemanis sekali pun seperti corn atau bran flakes, itu juga bukan pilihan yang cukup baik sebab mereka rendah protein.

3. Pancake dan Waffle

Pancake/ Foto: Freepik.com/freepik

Pancake dan waffle juga masuk ke dalam deretan menu sarapan yang tidak cukup baik untuk dijadikan pilihan. Terlebih jika dikonsumsi rutin setiap pagi. Ya, mengonsumsi pancake dan waffle bukanlah cara bergizi untuk mengisi energi di pagi hari. Meskipun kedengarannya lezat, kedua makanan ini sarat akan kandungan gula.

Ini berarti bahwa ia tinggi kalori, lemak, gula, serta kurang serat dan protein. Oleh karenanya, mengonsumsi kedua makanan ini tidak membuat kenyang lebih lama. Jika tetap ingin mengonsumsi jenis pancake dan waffle, maka pastikan bahwa ingredients nya penuh nutrisi. Semisal tepung almond atau buncis.

5. Kue Kering

Kue kering/ Foto: Freepik.com/freepik

Makanan seperti donat, cinnamon rolls, toaster pastry dan sejenis lainnya menjadi pilihan yang terbilang praktis untuk dikonsumsi di pagi hari yang sibuk. Namun Beauties perlu menyadari bahwa ini bukanlah pilihan terbaik untuk sarapan.

Mengapa? Karena deretan makanan tersebut tinggi kandungan gula, lemak dan juga kalori. Sebaliknya, mereka rendah serat dan juga protein. Alhasil, mengonsumsinya tidak akan membuat kenyang lebih lama. Bisa jadi, lapar akan melanda lebih awal sebelum jam makan siang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)