5 Manfaat Terapi Warna untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Level Stres Terjaga

Dewasa ini, ada banyak opsi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Mulai dari meditasi, journaling, hingga yang sederhana seperti olahraga. Namun, pernahkan kamu mendengar tentang terapi warna?

Dilansir dari halaman Dr.Axe terapi warna atau disebut juga chromotherapy merupakan salah satu pengobatan dan bentuk terapi sepi yang memanfaatkan warna serta cahaya. Berguna untuk membantu dalam mengatasi kondisi kesehatan mental dan fisik pada seseorang.

Berbagai macam warna dapat membangkitkan respons pada tubuh yang berbeda pada setiap orang. Terdapat beberapa warna yang dapat memberi kamu energi atau juga warna yang terlihat lebih menenangkan.

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan seberapa baik terapi warna berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang, terdapat beberapa manfaat terapi warna. Apa benar dapat meredakan stres?

1. Meredakan Stres

Ilustrasi/Foto: freepik.com/Benzoix

Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya memiliki banyak tekanan dalam pekerjaan. Terapi warna dapat membantu mengurangi stres dengan cara menerapkan praktik dari berbagai warna yang dapat meningkatkan suasana hati.

2. Meminimalisir Insomnia

Ilustrasi wanita yang insomnia/Foto: freepik.com/Look studio

Insomnia kerap dialami oleh sebagian orang, tentunya hal itu dapat merugikan mereka karena merasa sulit untuk tidur. Terdapat beberapa warna tertentu yang dapat membuat mereka merasa lebih rileks pada malam hari, sehingga menimbulkan dampak positif pada pola tidur seseorang. Contohnya dengan membatasi cahaya biru saat sebelum tidur.

3. Mengurangi Rasa Amarah

Ilustrasi/Foto: freepik.com/Benzoix

Salah satu manfaat terapi warna dapat mengurangi rasa amarah pada seseorang karena terapi warna dapat menciptakan lingkungan yang dapat membuat sekitarmu merasa tenang dan bahagia. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa warna cerah di sekelilingmu, seperti warna kuning, atau oranye.

4. Mengatasi Gangguan Seasonal Affective Disorder (SAD)

Ilustrasi/Foto: freepik.com/Jcomp

Dilansir dari halaman Choosing Therapy, terapi warna bekerja untuk mengatasi gangguan Seasonal Affetive Disorder (SAD) yang terjadi selama cuaca dingin karena kurangnya sinar matahari. Terapi warna melibatkan cahaya terang telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada mood seseorang.

Kamu bisa menerapkan cahaya dengan warna terang seperti kuning, oranye, yang dapat membantu mengatasinya. Untuk mengembalikan kehangatan dan kenyamanan selama di dalam rumah.

5. Membangkitkan Energi

Ilustrasi wanita bahagia/Foto: freepik.com/Look studio

Menurut halaman Very Well Mind, melakukan terapi warna dengan warna-warna cerah dapat membantu seseorang untuk merasa lebih segar. Seperti warna merah dan kuning dipercaya dapat meningkatkan energi pada seseorang dan membuat kamu lebih termotivasi untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)