5 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Kolesterol!

Buah zaitun atau olive dikenal sebagai buah yang kaya akan khasiat untuk tubuh. Salah satu manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh adalah mencegah risiko kanker dan osteoporosis.

Hal ini diterangkan dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Sciences, bahwa buah zaitun tinggi akan kandungan antioksidan yang berperan dalam menangkal penyakit, seperti kanker dan osteoporosis.

Nah, agar lebih jelas, berikut ini adalah sederet manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh.

1. Tinggi Antioksidan

Salah satu manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh adalah tinggi akan kandungan antioksidan. Nutrisi satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh, seperti menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Misalnya adalah kanker, penyakit jantung, stroke, hingga membantu mencegah penuaan dini. Itulah sebabnya, mengonsumsi buah zaitun bisa menjadi alternatif agar hidup lebih sehat.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi/freepik.com/Racool_studio

Manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol maupun tekanan darah. Pasalnya, dua hal itu bisa memicu gangguan organ hati.

Dikutip dari laman Healthline, buah zaitun mengandung antioksidan. Nah, nutrisi tersebut penting untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi/freepik.com/freepik

Manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Dalam hal ini, mengonsumsi buah zaitun secara teratur baik untuk mencegah risiko fraktur tulang, hingga osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ilustrasi/freepik.com/Racool_studio

Khasiat buah zaitun untuk kesehatan tubuh berikutnya, yaitu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, buah ini mengandung probiotik dan serat yang bermanfaat untuk mengatasi mag, asam lambung, kram perut, hingga sembelit.

Di samping itu, buah zaitun juga dapat kamu jadikan sebagai alternatif diet. Sebab, kandungan seratnya dapat membuat perutmu menahan lapar dalam waktu lama.

5. Mengatasi Peradangan

Ilustrasi/pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah membantu mengatasi peradangan. Hal ini karena buah zaitun mempunyai sifat anti inflamasi yang berasal dari senyawa oleocanthol.

Nah, senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah terbentuknya enzim inflamasi yang dapat memicu penyakit diabetes tipe 2, hingga arthritis. Di samping itu, buah ini juga bisa kamu jadikan sebagai obat anti nyeri alami.

Itulah beberapa informasi seputar manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)