5 Makanan Terbaik yang Dapat Menambah Energi Saat Tubuh Dilanda Sakit, Yuk Konsumsi!

Saat sedang sakit, tubuh pun rasanya jadi tak enak, sehingga sulit untuk melakukan berbagai aktivitas. Karena itu, diperlukan makanan bernutrisi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, agar tubuh kembali berenergi. 

Melansir dari laman Forbes Health, ada beberapa makanan terbaik yang dapat menambah energi di saat sedang sakit. Berikut selengkapnya di bawah ini!

1. Sup Ayam

Ilustrasi sup ayam/Foto: Freepik.com/jcomp

Sup bisa menjadi pilihan yang menenangkan saat kamu sedang tidak enak badan. Khususnya sup ayam, mengandung nutrisi penting dan dapat menghidrasi tubuh. 

Menurut ulasan tahun 2020, meminum cairan panas bisa memberikan efek hangat dan menenangkan. Selain itu, ayam yang terdapat dalam sup ayam mengandung protein dan mineral seng, yang keduanya mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Bayam

Ilustrasi bayam/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Bayam mengandung antioksidan berupa vitamin A, C, dan E, serta merupakan sumber zat besi yang baik. Selain itu, juga mengandung mineral penting untuk fungsi kekebalan tubuh. 

Penelitian menunjukkan, bahwa menambahkan lebih banyak sayuran seperti bayam ke dalam makanan dapat bermanfaat untuk mengatasi kondisi tertentu. 

3. Pisang

Ilustrasi pisang/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Pisang termasuk makanan yang mudah dicerna dan kaya akan potasium, sehingga sangat berguna untuk membantu mengisi kembali elektrolit jika mengalami diare atau muntah. 

Sebuah penelitian tahun 2022 menemukan, bahwa pemberian suplemen dengan pisang hijau yang dimasak pada anak di bawah usia 5 tahun yang menderita diare akut, dapat mengurangi durasi diare, mengurangi rawat inap dan pemulihan dini, serta mengurangi episode diare di masa depan sebesar 40%. 

4. Yogurt

Ilustrasi yogurt/Foto: Freepik.com/jcomp

Yogurt mengandung bakteri menguntungkan yang dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh. 

Sebuah tinjauan terhadap 23 penelitian menyimpulkan, bahwa probiotik dapat membantu pencegahan infeksi saluran pernapasan atas akut, termasuk pilek dan flu (walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut). 

5. Nasi dan Roti Panggang

Ilustrasi roti panggang/Foto: Freepik.com/mdjaff

Para peneliti mencatat, nasi putih dan roti panggang merupakan komponen kunci dari diet BRAT (pisang, nasi, apel, dan roti panggang), dapat ditoleransi dengan baik dan membantu mengurangi gejala diare. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)