5 Makanan Asli Indonesia yang Sukses Mendunia, Ada Kesukaan Beauties?

Ngomongin soal makanan khas Indonesia, memang nggak akan ada lelahnya. Makanan Indonesia terkenal akan masakannya yang lezat dengan cita rasanya yang khas. Adanya racikan aneka rempah itulah yang membuat makanan Indonesia mudah untuk diingat tetapi tidak mudah untuk di duplikat.

Dari sekian banyaknya makanan khas Indonesia, ada lima makanan Indonesia yang mendunia lho! Bahkan, ada makanan Indonesia yang diakui UNESCO. Keren kan, Beauties! Eits, tapi tau nggak makanan itu apa saja? Penasaran, kan? Yuk simak lima makanan khas Indonesia yang mendunia.

1. Rawon

Rawon masuk 10 Best Rated Soups in the World 2023 versi Taste Atlas/foto: detik.com

Siapa yang suka rawon? Dikutip dari situs Kemenparekraf, rawon menduduki peringkat pertama sebagai ’10 Best Rated Soups in the World 2023′ versi Taste Atlas. Rawon berhasil mengalahkan kepopuleran ramen asli Jepang yang berada di posisi kedua.

Ciri khas dari masakan rawon adalah kuahnya yang pekat berwarna hitam. Warna hitam ini berasal dari bumbu keluak. 

Rawon menjadi makanan khas Indonesia asal Jawa Timur seperti Surabaya, Probolinggo, Lamongan, dan Pasuruan. Salah satu warung di Jawa Timur yang terkenal akan rawonnya adalah warung rawon Nirom, Kota Surabaya. Nirom berada di depan gedung Nederlandsch-Indische Radio Omroep Maatschappij.

2. Rendang

Rendang diakui UNESCO pada tahun 2013/foto: freepik.com/freepik

Salah satu makanan khas Indonesia yaitu rendang, sudah meroket di tingkat global karena cita rasanya yang khas. Rendang memiliki cita rasa yang sedikit pedas, kental dengan racikan rempah-rempah, dan berwarna hitam pekat. Rendang asli Minang, Sumatera Barat biasanya diolah hingga 7-8 jam. 

Pada 2011, rendang menduduki posisi teratas World’s 50 Delicious Food, menurut survei CNN Internasional. Bahkan, hingga sekarang masih bertengger di World’s 50 Delicious Food. Selain itu, pada tahun 2013 rendang diakui oleh UNESCO.

3. Lumpia

Tahun 2014 Lumpia diakui UNESCO/foto: freepik.com/jcomp

Jalan-jalan ke Kota Semarang, belum afdol rasanya kalau belum mencicipi lumpianya. Tahukah Beauties kalau lumpia telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2014 silam. 

Lumpia itu seperti apa sih? Lumpia terbuat dari adonan tepung yang kemudian diberi isian lalu digulung dan digoreng. Biasanya isi lumpia identik dengan perpaduan daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, sayuran, dan rebung manis. Lumpia akan lebih mantap untuk disantap ketika disajikan bersama sambal.

4. Soto Ayam

Soto ayam masuk World’s 20 Best Soups versi CNN/foto: freepik.com/freepik

Siapa sangka kalau masakan soto ayam masuk World’s 20 Best Soups versi CNN pada 2022 lalu. Kuah soto ayam memiliki aroma yang kuat sehingga mampu menggugah selera. Diketahui bumbu kuah soto ayam diracik dari aneka rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit, ada bintang, hingga serai. 

Biasanya dalam satu mangkok soto ayam terdapat aneka tauge, soun, tomat, suwiran ayam, irisan kol, hingga daun bawang. Guna menambah kelezatannya, dapat ditambah toping berupa telur rebus dan bawang goreng.

5. Serabi

Serabi masuk 100 Best Rated Street Food Sweets in the World/foto: freepik.com/freepik

Mengutip artikel Taste Atlas yang rilis pada 29 November 2023 lalu, Serabi masuk 100 Best Rated Street Food Sweets in the World. Serabi menduduki posisi ke-6 mengalahkan kelezatan pancake hotteok Korea Selatan. 

Pancake ini dapat ditemukan di seluruh Pulau Jawa. Akan tetapi, kota yang menjadi ikon dari jajanan serabi adalah Bandung dan Solo. Saat di Solo, Beauties bisa mengunjungi pusat kuliner serabi bernama Serabi Notosuman Ny. Lidia atau Serabi Notosuman Ny. Handayani. Sementara jika di Bandung bisa ke Surabi Cihapit.

Itulah 5 makanan Indonesia yang kelezatannya sudah melalang di tingkat global. Dari kelima makanan tadi, ada favorit Beauties nggak tuh?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)