5 Kiat Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Musim penghujan telah tiba, tidak jarang kita mudah terserang penyakit, baik itu penyakit demam berdarah, tipus, flu, penyakit kulit, dan sebagainya. Itu tandanya kamu harus menjaga kesehatan, agar tidak mudah terjangkit penyakit. 

Agar terhindar dari penyakit kamu harus pintar menjaga kesehatan, apa saja yang harus diperhatikan?

1. Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi bahan makanan bergizi/Foto: freepik.com/master1305

Mengonsumsi makanan bergizi bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu kekurangan nutrisi maka beresiko mudah terkena penyakit. Cobalah mengonsumsi sayuran, buah, lauk pauk, serta perbanyak minum air mineral.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membatasi jumlah gula dan garam yang masuk ke dalam tubuhmu Beauties. Sebagai makanan selingan, kamu bisa menikmati kimchi, yougurt, dan makanan fermentasi lainnya. Makanan fermentasi seperti ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kamu, juga lho.

2. Rajin Berolahraga

OlahragaOlahraga/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Melansir dari laman Journal of Sport and Health Science  berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki mood seseorang. “Luangkanlah waktu rutin untuk berolahraga agar tubuh tetap hangat dan sirkulasi darah dan otot tetap terjaga.”

3. Istirahat Cukup

Meningkatkan Kualitas Tidur/ Foto: freepik.comIstirahat yang cukup/ Foto: freepik.com

Kiat berikutnya adalah beristirahat yang cukup. Dengan menjaga waktu tidur yang cukup, maka tubuh akan sehat dan kuat, serta terhindar dari penyakit. Melansir dari Jurnal of the National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur sesuai usia dalam perharinya. 

  • Porsi tidur anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam per hari
  • Porsi tidur anak usia 6-13 tahun selama 9-11 jam per hari
  • Porsi tidur remaja 14-17 tahun selama 8-10 jam per hari
  • Porsi tidur orang dewasa 18-64 tahun selama 7-9 jam per hari
  • Porsi tidur lansia 65 tahun ke atas selama 7-8 jam per hari
4. Melakukan Vaksin

Ilustrasi Vaksin / Foto: Pexels.com / Gustavo Fring

Pemberian vaksin influenza adalah tindakan yang tepat untuk menjaga tubuh dari serangan virus di musim penghujan. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui tangan, udara, dan sebagainya. Maka, dengan melakukan vaksin inilah, kita dapat menjaga imun tubuh agar kuat dan terhindar dari virus. 

Menurut Human Vaccines & Immunotherapeutics, vaksin flu dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit flu secara keseluruhan, jika terjangkit pun kemungkinan besar tidak akan memperparah kesehatan Beauties.

Kamu juga harus ingat, bahwa vaksin tidak harus untuk anak kecil saja, tetapi kamu yang sudah dewasa juga harus di vaksin, ya. 

5. Menghangatkan Tubuh

Ilustrasi Minuman Hangat / Foto: Pexels.com / Charlotte May

Kiat terakhir dalam menjaga kesehatan tubuh di musim penghujan, ialah menghangatkan tubuh. Kamu bisa membawa payung atau jaket untuk melindungi tubuhmu dari air hujan.

Tidak ada salahnya, kamu menikmati secangkir teh hangat, kopi hangat, atau bahkan minuman hangat lainnya seperti wedang jahe yang mampu menghangatkan tubuh dari dalam. 

Itulah kiat-kiat menjaga kesehatan tubuhmu di musim penghujan seperti belakangan ini. Sudahkah kamu mencobanya?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)