5 Kesalahan Mengelola Keuangan yang Kerap Dilakukan Anak Rantau, Termasuk Kamu?

Hidup sebagai anak rantau memang bukan suatu hal yang mudah ya, Beauties. Pasalnya, kamu harus belajar bertahan hidup jauh dari keluarga. Hal inilah yang akhirnya menuntutmu untuk bisa mengatur diri sendiri, termasuk soal keuangan. Sebab, sedikit saja keliru dalam mengelola uang dapat membuat hidupmu tersiksa dan tidak tenang. 

Oleh karena itu, sebagai anak rantau sebisa mungkin kamu hindari kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan keuangan berantakan. Kalau kamu belum tahu, cek deretan kesalahan keuangan berikut ini yang wajib kamu hentikan. Simak! 

1. Tidak Mencatat Pengeluaran

Tidak mencatat pengeluaran/ Foto: Freepik.com/Racool_studio

Mencatat pengeluaran kerap dianggap sebagai hal yang rumit sehingga beberapa orang akhirnya mengabaikan hal ini. Padahal, aktivitas tersebut sangat penting karena bisa membantu mengelola keuangan secara lebih efektif. 

Abai dalam mencatat pengeluaran bisa membuat kamu sering tidak sadar telah menggunakan uang secara berlebihan. Hal ini akhirnya juga dapat memicu sikap boros yang ujung-ujungnya hanya akan membuatmu menyesal. Maka, mulai sekarang biasakan untuk mencatat tiap pengeluaranmu, ya. Tak harus manual, kamu bisa catat melalui aplikasi pencatatan digital yang kini sudah banyak tersedia secara gratis. 

2. Ikut-ikutan Gaya Hidup Hedon

Ikut-ikutan gaya hidup hedon/ Foto: Freepik.com/standret

Memutuskan untuk merantau, terutama ke kota-kota besar membuat kamu mungkin saja akan dikelilingi oleh orang-orang dengan gaya hidup tinggi. Inilah yang perlu kamu sikapi dengan bijak. Dalam hal ini, kamu memang perlu berbaur dengan mereka, tapi tidak harus selalu mengikuti gaya hidupnya. 

Ha itu pun sangat penting, apalagi jika penghasilanmu juga masih belum stabil. Jangan coba-coba untuk ikut-ikutan hanya karena gengsi semata. Ingatlah bahwa tindakan hedon tersebut hanya sekadar kesenangan sesaat. Terkait ini, untuk membantumu agar tidak terjerumus dalam tindakan tersebut, maka pastikan kamu hati-hati dalam memilih lingkungan pertemanan. 

3. Terlalu Menuruti Hawa Nafsu

Terlalu menuruti hawa nafsu/ Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Hidup sebagai anak rantau memang memungkinkan kamu lebih bebas, salah satunya membeli apapun yang kamu inginkan. Tak jarang, untuk sekadar memuaskan hawa nafsu, kamu memilih berbelanja sepuas hati tanpa berpikir panjang. 

Mengenai hal itu, sebenarnya memang tak ada salahnya untuk sesekali menuruti keinginan sebagai bentuk self reward, terlebih jika kamu memang sudah punya penghasilan sendiri. Namun, ada baiknya kamu belajar menggunakan uangmu dengan bijaksana. Ingatlah bahwa keinginan itu tidak akan pernah ada habisnya, maka upayakan untuk mengendalikannya. 

4. Tidak Punya Tabungan

Tidak punya tabungan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Tak bisa dimungkiri bahwa menabung memang bukan perkara mudah untuk dilakukan, ya. Namun, bagaimanapun juga menyiapkan tabungan menjadi hal yang tidak boleh diremehkan. Terlebih lagi, kamu tak pernah benar-benar tahu apa yang akan terjadi nantinya. Misal, ada kondisi darurat yang membuatmu harus mengeluarkan uang, tapi saat itu kamu sedang tak punya simpanan. 

Oleh sebab itu, belajarlah menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki untuk dana tabungan. Jangan habiskan seluruh pendapatanmu hanya untuk memenuhi kesenanganmu saat ini. Lebih dari itu, pikirkanlah bahwa menyiapkan dana untuk masa depan juga tak kalah pentingnya. 

5. Sering Berutang atau Paylater

Sering berutang atau paylater/ Foto: Freepik.com/benzoix

Hadirnya layanan paylater hingga pinjaman online memang membuatmu semakin gampang untuk mendapatkan semua hal yang kamu impikan. Bagaimana tidak, hanya dengan proses mudah kamu langsung bisa memperoleh dana sesuai kebutuhanmu. Di satu sisi ini memang tampak sangat membahagiakan, tapi di sisi lainnya hal tersebut bisa berakibat fatal terhadap keuanganmu. 

Hal itu dapat terjadi ketika kamu mulai tak bisa lagi membayar bunga yang disyaratkan oleh layanan paylater dan pinjaman online. Inilah yang kemudian menjadi awal hancurnya kesehatan keuanganmu. Bahkan tak hanya itu, hidupmu juga akan selalu dihantui perasaan takut apalagi jika pihak depkolektor sudah mulai melakukan penagihan. 

Itulah sejumlah kesalahan mengelola keuangan yang kerap dilakukan anak rantau. Hentikan segera agar keuanganmu tidak sampai berantakan, ya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)