5 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Mudah Kambuh, Yuk Perbaiki dari Sekarang!

Siapa yang sering mengalami gangguan asam lambung? Pasti nggak nyaman banget deh kalau kamu sedang ingin makan enak, sementara tubuhmu menolak dan nafsu makan tiba-tiba jadi hilang.

Oleh karena itu, mari menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memicu kekacauan. Intip kebiasaan-kebiasaan berikut agar lambung tetap terjaga happy!

1. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Terlalu banyak konsumsi makanan pedas dan berlemak/Foto: Freepik/Kamran Aydinov

Bagi pencinta makanan pedas dan berlemak, sebaiknya waspada. Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, sedangkan makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan, dan meningkatkan risiko refluks asam.

Kombinasi dari dua faktor ini dapat memicu gejala asam lambung, seperti nyeri, panas, dan rasa tidak nyaman. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang lebih sehat dan mudah dicerna.

2. Mengonsumsi Minuman Berkafein dan Berkarbonasi

Mengonsumsi minuman berkafein dan berkarbonasi/Foto: Freepik/Stockking

Minuman berkafein, seperti kopi, dapat merangsang produksi asam lambung berlebihan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, minuman berkarbonasi yang mengandung gas, seperti soda, dapat meningkatkan tekanan di dalam lambung sehingga memicu asam naik ke kerongkongan.

Mengganti minuman berkafein dengan air putih, serta mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi akan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

3. Makan Terlalu Cepat atau Terlalu Banyak dalam Satu Waktu

Makan terlalu cepat atau terlalu banyak dalam satu waktu/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Makan dalam porsi besar atau terlalu cepat dapat memberikan tekanan berlebih pada lambung. Sebaiknya, makanlah secara perlahan dengan porsi yang kecil tetapi sering. Jaga ritme makanmu untuk kesehatan lambung yang optimal, ya, Beauties.

4. Tergesa Tidur Setelah Makan

Tergesa tidur setelah makan/Foto: Freepik/DCStudio

Meski rasa kantuk setelah makan sering menghampiri, lebih baik kamu tetap menghindari kebiasaan untuk langsung rebahan begitu saja! Posisi berbaring membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Jadi, disarankan untuk memberi waktu sekitar 2-3 jam sebelum tidur agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh sekaligus mencegah timbulnya asam lambung.

5. Terlalu Stres

Terlalu stress/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Stres bukan hanya musuh kesehatan mental, tapi juga bisa memicu masalah lambung. Stres dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan dan memperparah gejala asam lambung.

Oleh karena itu, temukan cara untuk mengelola stres, seperti melakukan meditasi, yoga, atau kegiatan yang menyenangkan. Jika pikiranmu tenang, asam lambung juga akan terkendali.

Ingatlah bahwa setiap tubuh memiliki daya tahan yang berbeda. Jika masalah asam lambung kamu persisten, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Semoga cara-cara ini dapat membantu menjaga kesehatan lambung dan membuat tubuh lebih nyaman dalam kegiatan sehari-hari. Tetap berbahagia dan sehat selalu, ya, Beauties! 

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)