5 Kebiasaan Anak Muda yang Ternyata Bisa Jadi Pemicu Asam Urat

Di zaman sangat modern ini, orang-orang semakin kreatif dalam hal apapun termasuk dalam pengolahan makanan. Bahkan, karena terlalu kreatifnya, banyak orang yang sering kali melewatkan tentang bahaya apa yang akan dihasilkan oleh bahan pembuat makanan tersebut.

Nah, saat ini kita akan membahas tentang asam urat yang sering kali kita abaikan. Sebagai kaum muda, asam urat masih jarang diperhatikan karena masih merasa sehat dan kuat. Padahal asam urat bisa menyerang siapapun dan kapan pun sekalipun kita masih muda.

Jika kamu penasaran apa saja yang menjadi pemicu asam urat, mari kita baca bersama kebiasaan buruk anak muda berikut ini.

1. Junk Food dan Minuman Bersoda

Ilustrasi mengkonsumsi junk food dan minuman bersoda/Foto: pexels.com/tim-samuel

Bagi anak muda pecinta junk food, pasti tak asing dengan minuman soda. Minuman soda sering kali menjadi minuman pendamping pada paket makanan seperti pada fried chicken, burger, pizza, dan makanan junk food lainnya.

Anak-anak muda terlebih mereka yang merantau akan memilih paket makanan dan minuman soda karena harga yang cenderung lebih murah. Melansir dari Cleveland Clinic, mengonsumsi junk food secara berlebihan akan meningkatkan kadar asam urat dan menggerogoti kesehatan tubuh sejak dini.

2. Minuman Beralkohol

Ilustrasi mengkonsumsi minuman beralkohol/Foto: pexels.com/cottonbro

Minuman alkohol memang dijual bebas, tetapi tetap saja banyak anak muda hingga yang tua berusaha mencari untuk dikonsumsi. Terlebih saat mendekati akhir tahun, banyak yang sudah membeli untuk dikonsumsi bersama saat perayaan acara tutup tahun.

Bagi mereka yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, biasanya mereka sanggup meminumnya dengan jumlah banyak dan memilih minuman dengan kadar alkohol yang tinggi. Hati-hati, mungkin kamu akan merasakan kenikmatan sesaat, tetapi kamu akan sangat kesusahan saat asam urat sudah menyerang tubuhmu.

3. Jarang Minum Air Mineral

Ilustrasi membiasakan diri minum air mineral/Foto: pexels.com/karolina-grabowska

Siapa di antara kamu yang lebih memilih minuman yang manis-manis daripada minum air mineral saat haus dan cuaca panas? Mengonsumsi minuman manis saat gerah dan cuaca panas memang sangat nikmat, tetapi hal ini akan menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihindari.

Buat kamu yang terlalu sering mengonsumsi makanan manis seperti minuman boba, minuman kemasan, dan berbagai olahan minuman manis yang sekarang semakin marak ini, mulailah mengurangi dengan membawa bekal air mineral. Jarang minum air mineral ternyata bisa jadi pemicu datangnya asam urat di usia muda. Tak hanya itu, penyakit lainnya juga akan mudah menyerang!

4. Tidak Mengontrol Berat Badan

Ilustrasi mengontrol berat badan/Foto: pexels.com/gustavo-fring

Kondisi badan juga mempengaruhi kebiasaan kita untuk hidup sehat. Semakin berat badan kita, maka semakin malas kita untuk bergerak. Karena itu, jika kita sudah merasa bahwa tubuh kita semakin berat, kita harus mulai mengontrol makanan dan harus mau berolahraga.

Saat berat badan kita tidak terkontrol, maka akan muncul penyumbatan-penyumbatan dalam tubuh yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan asam urat. Jika kamu tidak mau tubuh kesayanganmu menderita asam urat, mulailah untuk mengontrol berat badanmu dari sekarang, ya.

5. Memakai Sepatu Terlalu Sempit

Ilustrasi sepatu heels dengan ujung yang sempit/Foto: pexels.com/craytive

Banyak perempuan yang menganggap bahwa fashion adalah hal yang utama. Tak peduli bahwa fashion tersebut membuat tubuh nyaman atau tidak, yang terpenting adalah tampak cantik di depan orang lain.

Sepatu heels merupakan gaya fashion perempuan yang selalu ramai daya belinya. Jika kamu ingin membeli sepatu sebaiknya jangan membeli yang terlalu sempit, terlebih jika kamu membeli sepatu heels. Heels pada sepatu akan menekan jari-jari kaki ke depan dan membuat gesekan serta tekanan pada syaraf kaki.

Sepele namun perlu diperhatikan, karena asam urat juga bisa disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan alas kaki yang sempit dan menyiksa syaraf-syaraf pada kaki.

Dear Beauties, masa muda adalah masa di mana kita bisa explore apapun juga karena tubuh masih sangat kuat. Tetapi ingat, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Yuk tetap jaga kesehatanmu dengan baik!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)