5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja!

Nasib seseorang dalam hal percintaan, tidak bisa disamaratakan. Ada mereka yang memang beruntung dalam percintaan, sementara banyak pula yang sebaliknya. Atau bahkan, banyak di antara kita yang takut untuk jatuh cinta dan dicintai orang lain, Beauties. Biasanya, hal ini dikarenakan masa lalu yang kelam.

Bicara soal takut jatuh cinta dan dicintai, mungkin kamu pernah mendengar istilah philophobia. Yap, philophobia ini merupakan salah satu jenis fobia jatuh cinta. Mengutip dari laman Very Well Mind, philophobia memiliki arti takut pada cinta. Cinta menjadi hal yang paling menakutkan untuk dihadapi, dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang berhubungan dengan cinta.

Selain philophobia, ternyata banyak jenis fobia dalam percintaan yang mungkin cukup aneh terdengar. Dirangkum dari berbagai sumber, deretan jenis fobia aneh yang berkaitan dengan cinta.

Anuptaphobia

5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja/Foto: Freepik/freepik

Dilansir dari laman Its Psychology, anuptaphobia ini adalah fobia di mana seseorang takut untuk menjadi lajang. Orang dengan gangguan psikologis ini memiliki ketakutan yang sangat besar setiap kali berada di dalam situasi tidak memiliki pasangan atau berpikir mereka akan segera melajang.

Pengidap anuptaphobia tidak dapat menjelaskan mengapa ia mengalami sensasi ketakutan yang begitu kuat saat membayangkan tidak memiliki pasangan.

Mereka juga mungkin mengalami kecemasan yang sangat intens akibat rasa takut sendirian. Pengidap fobia ini bisa saja sembarang memilih pasangan untuk mengatasi kesendiriannya.

Gamophobia

5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja/Foto: Freepik/prostooleh

Setiap dua insan yang menjalin hubungan, tentu membutuhkan komitmen untuk bisa sampai ke jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan. Namun ternyata, ada di antara mereka yang justru takut membangun komitmen, bahkan takut dengan pernikahan.

Kondisi ini disebut dengan gamophobia, yakni jenis fobia yang  takut akan pernikahan dan komitmen. Disadur dari laman Very Well Mind, fobia ini ditandai ditandai dengan perasaan takut yang berlebihan dan terus-menerus untuk menjalin hubungan, membuat komitmen, atau menikah. 

Hal ini tentunya mempersulit seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain dan mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi normal dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti jenis fobia lainnya, gamophobia ditandai dengan rasa takut yang tidak sebanding dengan bahaya atau ancaman yang sebenarnya. Gejala-gejala tersebut bersifat persisten dan berlangsung selama enam bulan atau lebih.

Philemaphobia

5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja/Foto: Freepik/master1305

Selanjutnya adalah philemaphobia, yaitu fobia atau rasa takut untuk berciuman. Ini biasanya terjadi kepada mereka yang baru pertama kali menjalin hubungan dan melakukan ciuman pertamanya, dan takut melakukan kesalahan. 

Mengutip dari laman Very Well Mind, dalam kasus ini, kecemasan umumnya ringan sampai sedang dan hilang dengan cepat seiring bertambahnya pengalaman orang tersebut. Namun terkadang, philemaphobia lebih parah dan dapat terjadi pada usia berapa pun.

Gejala fobia ini mirip dengan jenis fobia spesifik lainnya. Pengalamanmu sendiri mungkin berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan ketakutan seseorang, namun beberapa gejala fisik yang umum meliputi panas dingin, jantung berdetak sangat cepat, mual, gemetar, sesak napas, dan berkeringat.

Gejala emosional dan perilaku umum juga terjadi. Ini bisa termasuk perasaan cemas atau panik saat memikirkan tentang berciuman.

Chiraptophobia

5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja/Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Bukan hanya takut berciuman, ada pula fobia takut disentuh atau yang sering disebut dengan chiraptophobia. Seseorang yang mengidap kondisi ini bisa saja mengalami kecemasan yang sangat tinggi hanya karena memikirkan akan disentuh, apalagi benar-benar mengalaminya.

Faktanya, kecemasan mereka mungkin begitu kuat sehingga mereka bahkan mungkin mengalami serangan panik besar-besaran. Meskipun gelombang kecemasan seperti itu tidak selalu terjadi pada semua orang yang menderita chiraptophobia, namun hal ini masih sangat mungkin terjadi.

Disadur dari laman psychtimes, seseorang yang mengalami serangan panik parah akibat chiraptophobia mungkin akan mengalami peningkatan detak jantung, peningkatan laju pernapasan, tekanan darah tinggi, ketegangan otot, gemetar, dan keringat berlebih, di antara beberapa gejala lainnya. 

Meskipun serangan panik tidak selalu terjadi pada setiap orang yang mengalami gejala chiraptophobia, serangan panik masih mungkin terjadi, terutama jika gejalanya sangat parah.

Seseorang yang menderita chiraptophobia mungkin mendapati dirinya menghindari hal-hal yang mereka takuti. Mereka mungkin mengambil tindakan ekstrem dengan memastikan bahwa mereka tidak boleh disentuh dengan cara apa pun. 

Misalnya, seseorang dengan kondisi ini mungkin menolak untuk disentuh oleh siapa pun, terlepas dari apakah dia orang yang dicintai atau tidak. Kekhawatiran yang berlebihan dan pemikiran yang tidak rasional kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab utama penderitaan mental mereka.

Zelophobia

5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta, Ternyata Bukan Cuma Philophobia Saja/Foto: Freepik/pressfoto

Terakhir adalah zelophobia atau takut terhadap rasa cemburu. Seseorang yang menderita zelophobia mungkin mendapati dirinya menghindari hal-hal yang mereka takuti.

Mereka juga mungkin mengambil tindakan ekstrem dengan memastikan bahwa mereka tidak boleh terkena rasa cemburu dengan cara apa pun. Misalnya, seseorang dengan kondisi ini mungkin mengisolasi dirinya dari orang lain untuk memastikan bahwa dirinya tidak terpapar pada apa pun yang dapat membuatnya cemburu. 

Bagi penderita fobia ini, cemburu merupakan sifat yang mengikat secara berlebihan. Oleh karena itu, pengidap fobia ini biasanya juga merasa takut untuk menjalani hubungan yang lebih serius dengan pasangannya.

Nah Beauties, itu dia deretan fobia aneh seputar percintaan. Pernahkah kamu mengalami satu di antaranya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)