5 Jenis Buah yang Bisa Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Cocok untuk Sarapan Pagi Satset!

Mengonsumsi buah secara teratur memang sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Di saat perut masih kosong di pagi hari, kamu juga dapat memilih mengonsumsi beberapa buah sebagai sarapan yang diketahui aman untuk dikonsumsi. 

Dilansir dari detikFood, ada 5 jenis buah yang bisa dikonsumsi saat perut kosong. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Pepaya

Ilustrasi pepaya/Foto: Freepik.com/jcomp

Pepaya bisa dikonsumsi saat perut kosong, sehingga dapat dijadikan sebagai menu sarapan. Apalagi pepaya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pepaya termasuk buah yang rendah kalori, tinggi serat, dan kaya vitamin A, C, dan E. 

Selain itu, pepaya juga termasuk buah yang kaya enzim seperti enzim papain dan chymopapain. Enzim tersebut berfungsi melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain dapat meningkatkan pencernaan, pepaya juga dapat menurunkan kadar kolesterol. 

2. Semangka

Ilustrasi semangka/Foto: Freepik.com/timolina

Semangka juga termasuk buah yang cocok dikonsumsi saat sarapan. Buah yang menyegarkan ini mengandung 92% air, sehingga dapat menghidrasi tubuh.

Selain itu, semangka juga kaya akan likopen, antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung dan kulit.

3. Pisang

Ilustrasi pisang/Foto: Freepik.com/@azerbaijan_stockers

Pisang juga dapat dikonsumsi saat perut kosong, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik saat sarapan. Pisang mengandung banyak karbohidrat dan gula alami. Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

Pisang juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu program diet. 

4. Nanas

Ilustrasi nanas/Foto: Freepik.com/jcomp

Nanas juga aman dikonsumsi saat perut kosong. Buah yang mengandung vitamin C dan mangan ini dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Tak hanya itu, nanas juga dapat mengatasi masalah kembung dan peradangan. 

5. Apel

Ilustrasi apel/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Tak ketinggalan, apel juga aman dikonsumsi saat perut kosong. Apel juga mengandung pektin yang dapat membantu pencernaan dan mengendalikan rasa lapar. Selain itu, apel juga dapat menyehatkan fungsi otak dan tubuh secara menyeluruh. 

Namun, hindari mengonsumsi apel terlalu banyak di pagi hari. Sebaiknya, konsumsi satu buah saja. Karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang bisa menimbulkan rasa lelah dan lapar setelah 30-60 menit. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)