5 Ide dan Peluang Bisnis Inovatif di Bidang Pendidikan, Tertarik Mencoba?

Pendidikan adalah salah satu hal yang wajib dijalani oleh semua manusia di muka bumi demi mengembangkan dirinya. Tidak mengherankan jika semua orang berlomba-lomba untuk mencari kesempatan demi mendapatkan pendidikan terbaik.

Selain kesempatan menjadi sumber daya manusia yang terdidik, kamu yang berpengalaman di bidang ini juga bisa, lho, memanfaatkannya menjadi sebuah peluang bisnis. Dilansir dari Profitable Venture, inilah beberapa ide bisnis di bidang pendidikan yang bisa coba kamu lakoni!

Membuka Taman Bermain dan Sekolah Dasar


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Benson Low

Jika kamu pebisnis yang ingin mencoba berinvestasi dan mendapat keuntungan dari industri pendidikan, kamu wajib mencoba ide bisnis yang satu ini. Meskipun begitu, kamu perlu memperhatikan bahwa kamu harus mengantongi izin dan akreditasi terlebih dahulu dari institusi terkait sebelum memulai usaha.

Untuk mendirikan sebuah Taman Bermain atau TK saja, diperlukan persyaratan administratif yang meliputi salinan identitas diri, surat keterangan domisili, hingga susunan pengurus serta rincian tugas. Selain itu, ada pula syarat teknis yang meliputi penilaian kelayakan, rencana induk pengembangan, hingga rencana pencapaian standar penyelenggaraan TK.

Membuka Sekolah Musik
Bermain piano memiliki banyak manfaat untuk otak.

Ilustrasi/Foto: Pexels/Charles Parkers

Membuka sekolah musik juga merupakan ide bisnis inovatif serta menguntungkan di bidang pendidikan. Ide bisnis ini cocok banget untuk kamu yang punya ijazah di bidang musik dan mencari peluang di bidang pendidikan.

Meskipun prospeknya bagus, kamu harus tahu bahwa memulai bisnis ini membutuhkan modal besar untuk menyewa tempat, membeli berbagai instrumen musik, serta membayar beberapa staf. Namun, jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, kamu bisa mulai merintis usahamu dengan cara mengajar dari rumah ke rumah untuk mengumpulkan dana.

Membuka Sekolah Mengemudi

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Jan Baborak

Setiap tahun, akan selalu ada orang yang mencari institusi yang menawarkan jasa pelatih mengemudi, baik itu remaja yang bersiap untuk mendapatkan SIM pertamanya maupun orang dewasa yang ingin bekerja di bidang jasa antar-jemput. Kesempatan ini bisa kamu anggap sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan tetap.

Yang kamu perlukan untuk memulai bisnis ini adalah perizinan dan persetujuan dari institusi terkait. Meskipun mengantongi izin untuk bisnis yang satu ini mungkin akan membuatmu kerepotan, jika kamu punya minat di bidang ini, kamu pasti akan menikmatinya.

Membuka Sekolah Memasak

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Edgar Castrejon

Sekolah memasak juga merupakan salah satu ide bisnis yang menarik untuk dikelola oleh kamu yang punya hobi serupa. Seperti namanya, di tempat ini, kamu akan mengajari orang-orang yang ingin belajar berbagai jenis masakan, mulai dari lokal hingga dari daerah lain.

Sama seperti ide bisnis lainnya di bidang pendidikan, untuk memulainya, kamu perlu mengantongi izin dari lembaga terkait. Membuka sekolah memasak juga membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi kamu bisa mulai merintis dengan mencoba membuat konten video tutorial masak yang bisa dimonetisasi.

Membuka Sekolah Desain

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Neven Krcmarek

Industri fesyen atau mode bisa dibilang tidak akan ada matinya mengingat pakaian tak hanya menjadi pelindung tubuh, tetapi juga menjadi simbol dari kemajuan peradaban. Tidak heran jika banyak orang yang ingin selalu memperbarui koleksi pakaiannya demi mendapat pengakuan bahwa dirinya tidak gagap tren.

Hal ini pulalah yang membuat industri lain yang bersentuhan dengan industri mode seperti sekolah desain jelas punya peminat yang tak kalah banyaknya. Jika kamu memiliki keahlian dan pernah menempuh pendidikan di bidang fesyen, tak ada salahnya untuk menjaring orang yang berminat untuk belajar darimu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)