5 Gejala Awal Kanker Paru-Paru yang Mengincar Anak Muda

Kanker paru termasuk penyakit berbahaya yang banyak diderita oleh masyarakat dunia, terutama yang merokok. Berdasarkan data Global Burden of Cancer pada 2022, kasus paru menempati posisi ketiga setelah kanker payudara dan serviks.

Menurut American Cancer Society pada Desember 2020 mengungkapkan, hanya ada 10 persen pasien kanker paru-paru yang berusia 55 tahun atau lebih muda, bahkan sekitar 12 persen pasien tidak pernah merokok.

Di Indonesia, sekitar 70 persen kasus kanker paru menimpa usia produktif. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI Eva Susanti mengatakan, setidaknya setiap tahun sekitar 30 ribu orang meninggal karena kanker paru.

Mayoritas pasien yang tidak selamat disebabkan karena terlambatnya pasien menyadari gejala awal yang menimpanya. Karena hal tersebut, maka keberhasilan pengobatan pun rendah.

Mengutip Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa gejala awal kanker paru yang perlu diwaspadai. Simak!

1. Sesak Napas

Sesak napas/Foto: Freepik/pengguna25451090

Merasakan sesak napas secara tiba-tiba atau napas terengah-engah saat naik tangga atau jalan biasa menandakan seseorang mengalami gejala awal kanker paru. Kesulitan bernapas kemungkinan berasal dari akumulasi cairan tumor paru yang menumpuk di dada, sehingga menyumbat atau menekan jalan udara.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan mengi atau siulan saat bernapas. Apabila kamu merasa sulit bernapas saat melakukan aktivitas yang dulunya terasa mudah, sebaiknya jangan remehkan hal ini.

Seseorang yang menderita penyakit asma juga perlu waspada dan disarankan untuk segera melakukan skrining guna mengetahui ada atau tidaknya tumor di organ paru-parunya.

2. Nyeri Dada

Nyeri dada/Foto: Freepik/stocking

Nyeri dada merupakan salah satu tanda seseorang mengalami gejala serangan jantung dan kanker paru. Umumnya, seseorang dapat merasakan sakit yang diakibatkan tumor pada organ paru-paru.

Apabila letak tumor di belakang dada, maka punggung atau bahu akan terasa sakit. Segera periksakan ke dokter apabila kamu merasa kondisi tubuh semakin buruk.

3. Batuk Terus-menerus

Batuk terus-menerus/Foto: Freepik/diana.grytsku

Batuk yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama terutama yang diderita oleh perokok bisa menjadi gejala awal penyakit serius, salah satunya kanker paru.

Kanker yang menyerang saluran pernapasan dapat memproduksi lendir, hal inilah yang menyebabkan batuk terus-menerus hingga iritasi pada tenggorokan. Dalam kondisi yang parah, seseorang bahkan dapat mengalami batuk berdarah.

4. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan turun/Foto: Pexels/karolina grabowska

Nafsu makan yang menurun dapat mengakibatkan penurunan berat badan. Kondisi ini bisa jadi salah satu tanda gejala awal kanker paru. Mengapa demikian?

Sel-sel kanker yang menggunakan energi dalam tubuh dapat menguras energi dari makanan. Karena hal ini, seseorang akan mengalami penurunan berat badan dan rasa lelah berlebihan meskipun hanya melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Nyeri Seluruh Tubuh

Nyeri seluruh tubuh/Foto: Freepik/stocking

Kanker paru-paru dapat menyebar ke seluruh tubuh, sehingga seluruh tubuh terasa sakit. Kondisi ini biasanya diawali dengan sakit kepala, lalu keseimbangan tubuh terganggu. Kanker juga dapat menyebar ke otak atau sumsum tulang dan mengakibatkan mati rasa pada tungkai. Nyeri tulang dan sendi biasanya akan terasa lebih buruk di malam hari.

Apabila kulit dan mata menguning, maka kanker telah menyebar ke organ hati hingga kelenjar getah bening. Kondisi ini termasuk gejala kanker paru stadium lanjut karena kanker telah menyebar ke organ penting manusia.

Demikian lima gejala awal kanker paru yang sering tidak disadari oleh orang pada umumnya terutama kaum muda. Apabila kamu merasakan salah satu dari lima gejala di atas, segera terapkan pola hidup sehat dan periksakan diri ke dokter, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)