5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang

Sejak kepergiannya 26 tahun yang lalu, hingga saat ini Putri Diana masih dikenang publik menjadi salah satu sosok putri kerajaan yang baik hati dan inspiratif.

Lady Diana tidak hanya dikenal karena kecantikannya atau perannya sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris, tetapi juga sebagai seorang ibu yang penuh kasih untuk anak-anaknya. Tak ayal gaya parenting atau pola asuhnya telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orangtua di seluruh dunia.

Dilansir dari Business Insider, berikut gaya parenting penuh kasih Putri Diana dalam membesarkan anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Selalu Meluangkan Waktu untuk Anak

5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang/Foto: Instagram @kensingtonroyal

Meskipun Putri Diana tidak memiliki pekerjaan, namun hidupnya dipenuhi dengan tugas, acara, dan kewajiban kerajaan. Namun, di tengah kesibukannya, Putri Diana akan selalu mengatur jadwalnya agar bisa menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

Seperti banyak anak kerajaan lainnya, mereka sebagian diasuh oleh pengasuh anak. Namun, Putri Diana tetap berusaha mengasuh anaknya di tengah kesibukannya.

“Dalam kalender resminya, sang putri mencantumkan semua detail sehari-hari dari kehidupan sehari-hari putra-putranya yang ditandai dengan tinta hijau,” tulis Katrine Ames di Newsweek pada tahun 1997.

“Diana dan Charles melawan mendobrak aturan kerajaan dengan mengajak William yang berusia sembilan bulan, serta pengasuhnya, bersama mereka dalam tur enam minggu ke Australia dan Selandia Baru,” kata pakar kerajaan Christopher Warwick kepada Northern Echo pada tahun 2013, dilansir dari USA Today.

Menyekolahkan Anak
Semasa hidup, Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry

5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang/Foto: Instagram @kensingtonroyal

Tradisi dalam keluarga kerajaan mengatakan bahwa anak-anak kerajaan harus dididik di rumah oleh pengasuh mereka. Namun, Putri Diana tidak mengikuti aturan tersebut. Ia menyekolahkan Pangeran William di taman kanak-kanak Ny. Mynors di Notting Hill pada bulan September 1985.

“Saya [sedikit sedih] karena ini membuka babak lain dalam hidup saya dan tentu saja William. Tapi dia siap untuk itu. Dia anak yang sangat mandiri,” kata Diana kepada pers setelah hari pertama William di sekolah.

Tidak hanya soal sekolah, Putri Diana juga mendobrak batasan lain yang diharapkan dari ibu para ahli waris kerajaan. Putri Diana memilih nama anaknya sendiri dan menyusui mereka saat masih bayi.

“Yang terpenting, [peran saya] menjadi seorang ibu dan istri. Itu yang ingin saya capai; apakah saya bisa melakukannya atau tidak, itu urusan lain, tapi saya berusaha,” kata Diana pada November 1985.

Putri Diana kemudian berkata, “Saya hidup untuk putra-putra saya. Saya akan tersesat tanpa mereka.”

Bercanda dengan Anak
Putri Diana dan Pangeran Charles bersama William dan Harry

5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang/Foto: Instagram

Dalam perjalanan ke Pulau Necker pada tahun 1990, Putri Diana bermain di pasir bersama putra-putranya dan teman-teman mereka, menunjukkan bahwa menjadi seorang bangsawan bukan berarti tidak bisa bersenang-senang.

“Dia memahami bahwa ada kehidupan nyata di luar tembok Istana,” kata Pangeran William dalam film dokumenter tentang kehidupannya.

“Saya ingat, masa kecil saya dipenuhi dengan tawa, penuh dengan kebahagiaan, dan penuh dengan petualangan,” kata Pangeran Harry saat wawancara di episode salah satu serial dokumenter Netflix “Harry & Meghan.”

Selalu Menunjukkan Kasih Sayang
Le prince William, la princesse Diana et le prince Harry assistant aux cérémonies du 50ème anniversaire de la fin de la Seconde guerre mondiale à Hyde Park, à Londres, Royaume-Uni le 7 mai 1995. (Photo by Laurent SOLA/Gamma-Rapho via Getty Images)

5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang/Foto: Gamma-Rapho via Getty Images/Laurent SOLA

Pangeran Harry mengungkapkan pelukan ibunya sangat menenangkan, dan apa yang membuatnya begitu istimewa sebagai seorang ibu.

“Dia hanya akan memelukmu sekuat mungkin dan berjongkok menjadi sependek aku saat itu, tidak ada jalan keluar, kamu berada di sana selama dia ingin memelukmu. Bahkan membicarakannya sekarang, aku bisa merasakannya, pelukan yang biasa dia berikan kepada kami,” katanya dalam film dokumenter Diana, Our Mother: Her Life and Legacy.

“Saya rindu perasaan itu, saya rindu ibu yang memberi Anda pelukan dan kasih sayang yang dibutuhkan semua orang. Di balik pintu tertutup, dia adalah ibu yang sangat penyayang, penuh perhatian, dan orang yang sangat lucu. Saya pikir dia menjalani sebagian besar hidupnya, terutama secara pribadi, melalui kami dan menurutku elemen kesenangan kekanak-kanakan benar-benar muncul saat dia menghabiskan waktu bersama kami,” tutur Pangeran Harry.

Mengajarkan Berbagi kepada Sesama dan yang Membutuhkan
Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry

5 Gaya Parenting Putri Diana, Besarkan Anak-anaknya Penuh Kasih Sayang/Foto: iStock

Putri Diana terkenal sebagai sosok perempuan yang senang berbagi kepada sesama. Hal itu ia ajarkan pula kepada anak-anaknya.

“Saya ingin anak-anak saya memahami emosi orang-orang, rasa tidak aman mereka, kesusahan orang-orang, serta harapan dan impian mereka,” kata Putri Diana dalam sebuah wawancara.

Putri Diana tidak hanya berbicara kepada putra-putranya tentang betapa istimewanya mereka, namun ia juga mengajak mereka mengunjungi rumah sakit dan tempat penampungan tunawisma.

“Ibu saya sudah lama mengenalkan hal semacam itu kepada saya,” kata Pangeran William kepada Telegraph pada tahun 2005. “Ini benar-benar membuka mata saya dan saya sangat senang dia melakukannya. Ini adalah sesuatu yang selalu saya ingat untuk waktu yang lama.”

Pangeran Harry juga melanjutkan kegiatan amal yang dilakukan ibunya dengan meningkatkan kesadaran akan ranjau darat dan misi organisasi HALO di wilayah Angola.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)