5 Fakta Menarik tentang Pesawat Terbang yang Masih Nggak Banyak Diketahui Orang

Pesawat terbang menjadi mode transportasi favorit sebagian orang ketika berpergian, baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Mode transportasi yang satu ini sudah banyak mengalami perkembangan. Berkunjung ke negara lain pun menjadi lebih mudah, cepat, dan terjangkau. 

Ada begitu banyak sains di balik pesawat terbang yang tidak banyak diketahui oleh orang awam. Begitu pula tentang fakta-fakta menarik ini. Yuk, simak 5 fakta menarik tentang pesawat terbang!

1. Lubang Kecil di Jendela

Ilustasi jendela pesawat / Foto: Pexels.com/Lennart Wittstock

Jika Beauties pernah mengamati jendela yang ada di pesawat, jendela tersebut memiliki lubang kecil di bagian bawahnya. Tidak jendela tersebut tidaklah rusak, namun memang seperti itu desainnya. 

Dilansir dari Travel and Leisure, kebanyakan jendela pesawat terbuat dari 3 panel akrilik. Panel pertama berada di luar, kemudian panel tengah, dan terakhir panel dekat kursi penumpang. Jika terjadi hal tak terduga pada panel pertama (panel luar), panel tengah bertindak sebagai pengaman dan panel terakhir menjaga tekanan kabin. 

Lubang kecil di jendela panel terakhir disebut “lubang pembuangan” di mana fungsinya mengatur tekanan udara agar panel tengah tetap utuh.

2. Menaikkan Penutup Jendela Saat Lepas Landas dan Mendarat

Ilustrasi jendela pesawat / Foto: Pexels.com/Tim Gouw

Saat pesawat sudah siap untuk lepas landas maupun mendarat, pramugari akan meminta penumpang untuk menaikkan penutup jendela yang ada di sampingnya. Baik saat pagi hari maupun saat malam hari. 

Hal ini dikarenakan pramugari harus selalu waspada ketika pesawat lepas landas maupun mendarat. Dengan jendela yang terbuka, pramugari dapat melihat ke luar, jika terdapat keadaan darurat dan menilai sisi pesawat manakah yang lebih baik untuk evakuasi. 

Airways Mag menyatakan bahwa fase penerbangan yang paling berisiko adalah saat pesawat lepas landas dan mendarat. Tiga menit pertama penerbangan dan delapan menit terakhir penerbangan memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi dibandingkan seluruh waktu penerbangan.

3. Sayap Tidak Membuat Pesawat Dapat Terbang

Ilustrasi sayap pesawat terbang / Foto: Pexels.com/Pixabay

Sayap bukanlah alasan pesawat dapat terbang. Sayap memang berperan dalam pesawat, namun mesin dan gaya yang bekerja yang membuat pesawat dapat terbang. Ada 4 gaya yang mendorong pesawat ke atas, ke bawah, ke depan ataupun ke belakang, yakni gaya angkat, gaya dorong, gaya tarik, dan gaya berat.

Sayap sendiri berfungsi sebagai pemberi gaya angkat. Sedangkan lekukan di ujung sayap, “sayap kecil” berfungsi untuk mengurangi pusaran udara dan mengurangi hambatan. 

4. Tidak Perlu 2 Mesin untuk Terbang

Ilustrasi mesin pesawat terbang / Foto: Pexels.com/Ahmed Muntasir

Beberapa pesawat memiliki mesin ganda. Namun jika satu mesin bermasalah, pesawat masih dapat terbang dengan satu mesin yang tersisa. ETOPS (Extended Twin Operations) adalah sertifikasi yang diberikan kepada pesawat-pesawat bermesin ganda yang mampu tetap beroperasi hanya dengan satu mesin saja. 

Melansir dari MoonJet, di tahun 2014, Boeing 787 Dreamliner memperoleh sertifikasi ETOPS-330 yakni pesawat tersebut dapat tetap beroperasi dengan aman hanya dengan satu mesin selama lebih dari 330 menit atau lima jam sebelum harus mendarat.

 

5. Black Box Sebenarnya Tidak Hitam

Ilustrasi black box / Foto: Moonjet.aero

Black box atau kotak hitam aslinya memiliki warna orange yang terang. Kotak hitam yang juga dikenal sebagai Flight Data Recorder berisikan data-data yang direkam selama penerbangan berlangsung. 

Flight Data Recorder dicat dengan warna orange menyala agar mudah ditemukan saat terjadi kecelakaan pesawat. Lapisan cat ini pun tahan panas untuk melapisi bagian luar kotak. 

Dilansir dari Interesting Facts, ada kemungkinan sebutan ‘Black box’ ini muncul di tahun 1963 karena salah satu insiyur penerbangan sedang merekam informasi penerbangan ke dalam film, di mana saat itu film masih berwarna hitam dan putih. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik tentang pesawat terbang, Beauties! Siapa di sini yang suka travelling dengan naik pesawat? 

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)