5 Fakta Menarik Calon Raja Brunei Darussalam, Ternyata Bukan Pangeran Mateen Lho!

Berbicara tentang Brunei Darussalam, salah satu hal yang paling pertama melintas di pikiran masyarakat Indonesia adalah Pangeran Abdul Mateen. 

Nama Pangeran Mateen dikenal karena sering berkunjung ke Tanah Air, untuk mendampingi sang ayah. Namun, ia bukanlah sosok yang akan menggantikan Sultan Hassanal Bolkiah sebagai pemimpin Brunei saat lengser nanti. 

Nyatanya, Raja Brunei Darussalam selanjutnya adalah Pangeran Al-Muhtadee Billah. Siapakah dirinya? Simak fakta menariknya di sini!

1. Pangeran Al-Muhtadee Billah adalah Putra Pertama Sultan Brunei

Pangeran Al-Muhtadee Billah/Foto: istimewa

Pangeran Al-Muhtadee Billah adalah anak ketiga sekaligus putra pertama Sultan Hassanal Bolkiah bersama istri pertamanya, Raja Isteri Pengiran Anak Saleha. 

Ia lahir pada 17 Februari 1974, yang saat ini berusia 49 tahun. Pada 10 Agustus 1998 silam, ia telah dikukuhkan sebagai Putra Mahkota.

Enam tahun setelah jadi Putra Mahkota, pada 2004 Pangeran Al-Muhtadee Billah dianugerahkan pangkat Jenderal di Angkatan Bersenjata Kerajaan Brunie oleh Sultan Hassanal Bolkiah. 

Pada 2005, ia kemudian memperoleh pangkat sebagai Wakil Irjen Polisi dan diangkat menjadi Menteri Senior di Kantor Perdana Menteri. Lalu, dalam aktivitas kenegaraan di Internasional, ia telah beberapa kali mewakili Sultan Brunei dalam kunjungan resmi, menghadiri konferensi hingga pertemuan resmi di luar negeri. 

2. Putra Mahkota Lulusan Oxford
Pangeran Al-Muhtadee Billah

Pangeran Al-Muhtadee Billah/Foto: istimewa

Melansir laman resmi Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam, calon Raja Brunei ini mengenyam pendidikan di Pusat Studi Islam Oxford, Inggris, pada Oktober 1995 silam. 

Pada 1997, ia lulus dengan gelar Diploma Studi Diplomatik setelah menyelesaikan Program Layanan Luar Negeri Universitas Oxford di Perguruan Tinggi Magdalen, Universitas Oxford.

Pada 2006, Sultan Hassanal Bolkiah menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan di bidang Sastra kepada Pangeran Al-Muhtadee Billah pada 4 September saat Upacara Pertemuan ke-18 Universiti Brunei Darussalam.

Selain kedua daftar di atas, masih ada sederet fakta menarik tentang calon Raja Brunei baru ini. Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)