5 Drakor Sageuk Berbalut ‘Time Travel’, Penuh Plot Twist dan Sukses Raih Rating Tinggi!

Drama Korea dengan tema time travel selalu memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Terlebih jika perjalanan waktu yang dilalui menuju era kerajaan masa lalu, maupun sebaliknya ke masa modern.

Tak jarang, kini banyak drama Korea yang mulai memadukan genre sageuk dengan konsep perjalanan waktu. Drakor ini umumnya akan menghadirkan banyak plot twist seru dan memiliki cerita yang saling terhubung antar dua masa.

Bagi Beauties yang ingin menyaksikan kisah serupa, berikut terdapat beberapa drakor sageuk berbalut time travel dengan perolehan rating tinggi! Yuk, simak!

1. Rooftop Prince (2012)


Rooftop Prince/ Foto: soompi.com

Berbicara soal drama sageuk bertema time travel, serial lawas yang tak asing bagi pecinta drakor Indonesia ini sayang untuk dilewatkan. Rilis pada tahun 2012 silam, Rooftop Prince sukses memperoleh rating tertinggi lebih dari 7% melansir dari IMDb.

Mengikuti kisah putra mahkota Joseon, Lee Gak (Park Yoo Chun) bersama ketiga pengikutnya yaitu cendekiawan, pengawal, dan kasim, yang melakukan perjalanan waktu ke Seoul masa modern. Setibanya di sana, mereka justru bertemu dengan reinkarnasi mendiang putri mahkota bernama Hong Se Na (Jung Yu Mi).

Sang putra mahkota bersama tiga pengikutnya percaya bahwa kedatangan mereka ke masa modern tersebut sebagai kunci untuk memecahkan misteri kematian putri mahkota sekaligus rahasia yang disembunyikan istrinya di masa lampau.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo/ Foto: soompi.com

Serial sageuk yang memadukan kisah time travel dari dunia modern ke masa Dinasti Goryeo yang ini pastinya sudah sangat familiar bagi penggemar drakor. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016) menjadi salah satu drama fenomenal bertabur bintang ternama yang berhasil mendulang rating sebesar 11,3% berdasarkan Nielsen Korea.

Cerita bermula dari Ha Jin (IU), perempuan dari abad ke-21 yang mencoba menyelamatkan anak yang tenggelam di laut. Namun, bersamaan terjadinya gerhana matahari, Ha Jin secara ajaib menjelajahi waktu ke Dinasti Goryeo dan mendapati dirinya terjebak ke tubuh gadis bernama Hae Soo.

Di masa tersebut, ia justru terlibat dalam perebutan kekuasaan, perseteruan antar saudara, serta konflik percintaan dengan para pangeran dari keturunanan Raja Taejo.

3. Live Up to Your Name (2017)

Live Up to Your Name/ Foto: soompi.com

Rilis tahun 2017 lalu, Live Up to Your Name menyajikan cerita time travel yang dibumbui romansa komedi. Mengisahkan seorang tabib sekaligus ahli pengobatan akupuntur di era Joseon bernama Heo Im (Kim Nam Gil).

Akibat kesalahannya ketika menyembuhkan penyakit migrain sang raja, Heo Im menjadi buronan para tentara istana. Tak lama kemudian, ia tertembak panah hingga terjatuh ke sungai. Namun, saat terbangun dirinya justru terlempar ke Seoul masa modern.

Takdir membawa Heo Im bertemu Choi Yeon Kyung (Kim Ah Joong), dokter bedah jantung, dan kisah cinta mereka pun dimulai. Melansir dari IMDb, drama sageuk ini mendapat rating 6,9%.

4. Mr. Queen (2020)
Mr. Queen jadi Drama Korea yang Tayang di TVN Dengan rating Tinggi/Foto: IMDb

Mr. Queen/ Foto: IMDb

Sukses pecahkan rating tertinggi kelima dalam sejarah tvN sebesar 17,4%, Mr. Queen (2020) menjadi salah satu serial sageuk time travel yang digemari para pecinta drakor. Meski bercerita tentang sejarah dan intrik politik, drama ini dipenuhi adegan kocak dan romantis yang akan membuat penonton terhibur.

Diadaptasi dari web series China, Mr. Queen berkisah tentang insiden seorang koki di Blue House yang mengalami lintas waktu ke Dinasti Joseon. Di sana, jiwanya masuk ke tubuh Ratu Kim So Yong (Shin Hye Sun) dan mengharuskannya untuk menyesuaikan diri di kerajaan serta menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun).

The Story of Park’s Marriage Contract (2023)

The Story of Park’s Marriage Contract/ Foto: instagram.com/mbcdrama_now

Tayang perdana pada November 2023 lalu, The Story of Park’s Marriage Contract  menjadi tontonan favorit penikmat drakor di akhir pekan. Bahkan menjelang episode terakhir, drama sageuk fantasi ini sukses meraih rating 7,4% melansir dari Nielsen Korea.

Mengisahkan tentang Park Yeon Woo (Lee Se Young), perempuan Joseon yang tengah berduka atas kematian suaminya di malam pernikahan. Tak berselang lama, ia mendadak diculik dan dibuang ke sumur oleh pria misterius.

Mengejutkannya lagi, Yeon Woo mendapati dirinya telah berada di Seoul masa modern dan bertemu dengan Kang Tae Ha (Bae In Hyuk), pria yang mirip mendiang suaminya. Penasaran dengan ending dari drama ini? Yuk, saksikan kelanjutannya di VIU!

Nah, itu dia beberapa drakor sageuk yang mengusung time travel. Dari judul drakor di atas, mana yang ingin kamu tonton, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)