5 Cara Perawatan Wajah di Malam Hari Agar Dapatkan Kulit Sehat Glowing, Menurut Dermatologi!

Perawatan wajah di malam hari memiliki peran penting untukmu yang dambakan kulit sehat, cantik, dan glowing. Selain membutuhkan sederet produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, konsisten adalah kunci utama agar hasil yang diinginkan bisa tercapai. 

Kunci konsisten dalam perawatan kulit pun telah disampaikan oleh Corey L. Hartman, pendiri Skin Wellness Dematology di Birmingham, Alabama. 

“Secara keseluruhan, rutinitas perawatan kulit yang konsisten akan membuat kulitmu terlihat baik,” ujarnya. 

“Konsistensi dalam rutinitas perawatan kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah masalah, dan mendapatkan manfaat penuh dari produk yang digunakan,” lanjut Julia Schwartz, dokter kulit dan dermatologi bersertifikat. 

Nah, berikut cara perawatan wajah di malam hari, untukmu yang dambakan kulit ‘sempurna’ sesuai keinginan. Simak!

1. Tidak Lupa Membersihkan Wajah

Membersihkan Wajah/Foto: Freepik.com/pvproductions

Corey L. Hartman menyampaikan, membersihkan wajah di malam hari adalah hal wajib. Apalagi jika kamu telah menggunakan beragam produk makeup. 

“Membersihkan kulit wajah di waktu malam setelah beraktivitas sepanjang hari tidak bisa ditawar. Jika kamu memakai makeup, hapus makeupmu dengan produk penghapus riasan, lalu bersihkan dengan pencuci wajah yang lembut,” 

Selain bermanfaat membuat wajah lebih segar, wajah yang bersih tanpa sisa debu dan makeup bisa mencegah pori-pori tersumbat yang bisa menyebabkan jerawat, hingga pemicu wajah kusam. 

Karena itu, semalas apapun waktu mala, jangan lupa untuk membersihkan wajah ya, Beauties!

2. Melakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi

Eksfoliasi/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Melansir Harpers Bazaar, para ahli dermatologi menyarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi setiap malam, untuk menghindari kerusakan skin barrier. Namun, di malam hari kamu bisa menambahkan tahapan eksfoliasi setelah mencuci muka. 

Jangan terlalu sering, eksfoliasi yang pas untuk pemilik kulit sensitif bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Sementara itu, untuk kulit wajah normal dan berminya, bisa 2-3 kali saja dalam seminggu. 

Manfaat eksfoliasi wajah adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati atau debu yang menumpuk pada wajah. Dengan ini wajah yang cerah, bersih, dan segar bisa kembali kamu rasakan.  

3. Manfaatkan Serum, Jika Ada Masalah Spesifik Pada Kulit
Ilustrasi menggunakan brightening serum /Foto: freepik.com

Serum/Foto: Freepik.com

Beauties, manfaatkan penggunaan serum jika kamu memiliki masalah spesifik pada kulit. Seperti jerawat, perubahan warna, hingga munculnya garis halus dan kerutan. 

Kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid untuk hidrasi kulit, serum dengan kandungan niacinamide untuk membantu meratakan warna kulitmu, atau produk retinoid untuk mencegah tanda penuaan. 

“Bahan paling hemat untuk penggunaan malam hari pastinya adalah produk retinoid, yang harus dioleskan pada kulit kering setelah dibersihkan dan sebelum pelembab. Retinoid adalah kelas senyawa yang berasal dari vitamin A yang digunakan dalam perawatan kulit untuk mendorong pembaharuan kulit, memperbaiki tekstur, dan mengurangi munculnya kerutan,” ujar Schwartz. 

Namun, jika kamu tidak memiliki masalah spesifik pada kulit, bisa melewatkan tahan ini dan melanjutkan pada tahapan selanjutnya saja. 

4. Gunakan Moisturizer
Ilustrasi memakai moisturizer /Foto: freepik.com

Moisturizer/Foto: Freepik.com

Setelah menggunakan serum atau eksfoliasi, bisa melanjutkan tahapan penggunaan moisturizer. Pelembap digunakan untuk menjaga kulit tetap sehat terawat dan terhidrasi dengan baik. 

5. Eye Cream Sebelum Tidur
Rekomendasi Eye Cream untuk Atasi Mata Panda/Foto: Freepik

Eye Cream/Foto: Freepik.com

Terakhir, perawatan ini sering kali dilewatkan padahal termasuk yang terpenting juga lho, Beauties! 

Sebelum tidur, oleskan eye cream di bawah mata dan di sekitar tulang orbital. Manfaatnya adalah untuk menyamarkan garis halus dan keriput, mengatasi kantung mata dan lingkar hitam, hingga mengatasi kulit kering di bawah mata yang sering terjadi. 

Beauties, untukmu yang dambakan kulit wajah yang sehat, cantik, dan glowing tahapan perawatan wajah di atas bisa dicoba. Namun, pastikan menggunakan sederet produk yang memang telah cocok denganmu ya. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)