5 Cara Menyimpan Tempe dengan Benar Agar Awet dan Nggak Cepat Bau Busuk

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, tentu tempe adalah makanan yang sudah tidak asing lagi. Tempe sendiri merupakan bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang sudah difermentasikan. 

Bagi kamu yang sering berbelanja tempe, tentu perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan tempe yang benar agar tetap awet dan nggak cepat bau busuk. Seperti apa caranya, simak!

1. Cek Suhu Tempe Sebelum Disimpan

Ilustrasi tempe/Foto: Pixabay.com/mochawalk

Beauties, pastinya kamu pernah bukan membeli tempe dalam keadaan masih hangat? Yups! Itu menandakan bahwa tempe yang kamu beli masih baru masak. 

Dilansir dari detikfood, saat tempe masih dalam suhu yang hangat, kamu perlu mendiamkan beberapa saat sampai tempe dingin. Setelah itu, baru dimasukkan ke dalam kulkas. 

2. Simpan Tempe dalam Kulkas

Ilustrasi kulkas/Foto: Freepik.com/zynkevych

Agar lebih awet, tentu kamu perlu menyimpan tempe di dalam kulkas. Sebelum itu, simpan tempe dalam wadah tertutup yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar tempe tidak mudah rusak dan terkontaminasi oleh aroma bahan lain. 

3. Jangan Menyimpan Tempe di Freezer

Ilustrasi makanan di kulkas/Foto: Freepik.com/freepik

Memang sebaiknya tempe di simpan dalam kulkas. Namun, jangan sampai kamu menyimpannya di bagian freezer. Karena hal tersebut dapat membuat tempe mengalami perubahan rasa, tekstur, hingga warna. Oleh sebab itu, taruh tempe di bagian pendingin saja. 

4. Simpan Tempe dalam Keadaan Utuh

Ilustrasi tempe/Foto: Pixabay.com/Bintang_Galaxy

Agar dapat membuat tempe awet dan bertahan selama tiga hari, kamu perlu menyimpannya dalam keadaan utuh. Karena jika tempe sudah dipotong-potong maka akan membuat tempe mengering dan berwarna coklat jika terkena udara. 

5. Ungkep Tempe dan Beri Bumbu

Ilustrasi tempe/Foto: Unsplash.com/Ella Olsson

Untuk membuat tempe tetap awet, kamu juga dapat mengungkepnya. Ungkep tempe dengan bumbu kuning selama beberapa saat, lalu masukkan ke dalam kulkas agar lebih awet. Cara tersebut dapat menghentikan proses fermentasi pada tempe. 

Selamat mencoba ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)