5 Cara Mengatasi Jet Lag Saat Perjalanan Jauh, Badan Auto Lebih Rileks!

Jet lag biasanya terjadi saat seseorang melakukan perjalanan jauh dan melintasi zona waktu baru. Biasanya jet lag berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu.

Melansir International Association for Medical Assistance to Travellers dan Healthline, ada beberapa tanda-tanda jet lag, antara lain:

  • Kelelahan dan susah tidur
  • Perubahan suasana hati
  • Konsentrasi buruk
  • Nafsu makan turun
  • Sakit kepala, nyeri otot, dan suhu tubuh naik turun
  • Gangguan pencernaan seperti buang air besar tidak teratur, sembelit, dan diare

Gejala jet lag bisa semakin parah apabila banyak zona waktu yang dilintasi. Biasanya kondisi ini dimulai setelah perbedaan waktu sekitar dua jam dan bertahan selama satu minggu atau lebih.  

Umumnya, orang yang sering bepergian seiring berjalannya waktu akan mengalami lebih sedikit gejala jet lag, sedangkan orang lanjut usia dan mereka yang sudah memiliki gangguan tidur lebih rentan mengalami jet lag.

Meskipun jet lag tidak dapat sepenuhnya dihindari saat bepergian jauh melintasi zona waktu yang berbeda, namun ada beberapa cara mengatasi jet lag yang dapat kamu lakukan agar setelah penerbangan kamu dapat segera beraktivitas.

1. Beradaptasi dengan Zona Waktu Baru

Beradaptasi dengan zona waktu baru/Foto: Freepik/user7350813

Smartphone yang kamu gunakan mungkin dapat memperbarui jam secara otomatis, namun apabila kamu menggunakan jam yang disetel secara manual, maka segera atur dan cocokkan jam tersebut ke zona waktu baru.

Dengan menyelaraskan zona waktu baru dan meninggalkan zona waktu lama, maka kamu tidak akan kesulitan untuk makan dan tidur saat tiba di tempat tujuan.

2. Sesuaikan Paparan Cahaya

Sesuaikan paparan cahaya/Foto: Freepik/nuttapongpunna

Paparan sinar matahari dapat mengganggu produksi melatonin, yakni hormon yang mengatur siklus tidur atau bangun seseorang. Untuk mengatasi jet lag, kamu dapat memaksimalkan cahaya terang dari sinar matahari.

Apabila kamu bepergian ke timur, pastikan kamu mendapatkan cahaya sebanyak mungkin mulai dari matahari terbit hingga dini hari. Hal ini akan berguna untuk menyelaraskan dengan waktu setempat. Sebaliknya, saat bepergian ke barat, sebaiknya kamu menunda paparan cahaya terang hingga sore.

Dengan melakukan hal tersebut minimal lima jam sehari selama tiga hari hingga empat hari, maka kamu dapat menyesuaikan kembali ritme sirkadian.

3. Atur Jadwal Tidur

Atur jadwal tidur/Foto: Freepik/ijeab

Mengatur jadwal tidur sesuai zona waktu baru ternyata dapat mengatasi jet lag saat penerbangan, lho. Apabila jadwal penerbangan malam hari, cobalah untuk tidur sejenak saat penerbangan.

Menggunakan headphone peredam bising, penyumbat telinga, masker mata, bantal dan selimut yang nyaman saat perjalanan dapat membantumu tidur dengan tenang meski dalam perjalanan jauh. Selain itu, hindari pula keinginan untuk tidur pada siang hari, karena hal ini dapat mengakibatkan kesulitan tidur di kemudian hari.

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Penuhi kebutuhan air putih/Foto: Freepik/photohobo

Perjalanan udara jarak jauh berisiko menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan air putih selama perjalanan untuk menghindari jet lag, dehidrasi, dan kelelahan saat perjalanan.

Meskipun sudah sampai ke tempat tujuan, kamu masih perlu banyak minum air putih agar tubuh tetap fit.  

5. Sesuaikan Jadwal Penerbangan dengan Waktu Tidur

Sesuaikan jadwal penerbangan dengan waktu tidur/Foto: Freepik/tawatchai07

Jet lag dapat kamu hindari dengan mengubah ritme sirkadian secara bertahap dalam waktu satu hingga dua hari menjelang penerbangan. Apabila memungkinkan, lakukan perjalanan udara di malam hari sehingga tubuh dapat beristirahat dengan baik di dalam pesawat.

Selain itu, tiba di tempat tujuan saat siang hari juga dapat membantu tubuh tetap waspada sehingga mudah untuk beradaptasi dengan zona waktu baru.

Demikian lima cara mengatasi jet lag saat perjalanan jauh. Selain lima hal tersebut, kamu juga perlu memerhatikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap fit, lebih rileks dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan zona waktu baru.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)