5 Berita Paling Membanggakan dari Indonesia Sepanjang 2023

Sepanjang tahun 2023, Indonesia menoreh beragam prestasi yang luar biasa di kancah internasional. Prestasi tersebut berasal dari berbagai sektor dari seni, olahraga, hingga kebudayaan. 

Berikut 5 berita paling membanggakan dari Indonesia di sepanjang tahun 2023. Simak ulasannya! 

1. Putri Ariani Mendapat Golden Buzzer di America’s Got Talent

Simon Cowell dan Putri Ariani Saat di America’s Got Talent/Foto: Instagram.com/arianinismaputri

Putri Ariani menjadi perbincangan publik saat mendapat golden buzzer pada Juni lalu di acara America’s Got Talent dan dipuji oleh para juri, termasuk produser rekaman terkenal Simon Cowell.  

Di ajang pencarian bakat ini, Putri menyabet juara 4 dari seluruh peserta yang berasal dari dunia. Atas prestasi membanggakan ini, ia sempat diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara serta menyanyi di Upacara Kemerdekaan RI ke-78.

2. Timnas Sepakbola Indonesia Meraih Emas di SEA Games 2023

Timnas Sepakbola U-22 Saat Menerima Medali Emas/Foto: Instagram.com/pssi

Di ajang olahraga, ada prestasi membanggakan dari timnas sepakbola u-22 yang berhasil meraih emas di SEA Games 2023, Kamboja. 

Rizky Ridho dkk berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2. Prestasi ini sangat istimewa bagi Indonesia setelah 32 tahun penantian tanpa medali emas dalam cabor sepak bola di ajang SEA Games ini. 

3. Indonesia Menjadi Juara Umum Asean Para Games 2023

Asean Para Games 2023 di Kamboja/Foto: Kemenpora Indonesia

Masih di sektor olahraga, atlet-atlet disabilitas Indonesia menuai prestasi sebagai juara umum di Asean Para Games 2023. Dikutip dari detikSport, atlet paralimpik Indonesia berhasil membawa 159 medali emas, 148 perak, dan 94 perunggu. 

Prestasi ini sangat membanggakan karena merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum, mulai dari 2017, 2022, dan 2023. 

4. Prestasi Cemerlang Indonesia di UNESCO

Prestasi Indonesia di UNESCO/Foto: Unsplash/Nick Agus Arya

Indonesia semakin menunjukkan kehebatannya di kancah internasional dalam Sidang Umum UNESCO ke-24 di Paris, Perancis, November lalu. 

Dikutip dari detikEdu, Bahasa Indonesia diputuskan sebagai bahasa resmi UNESCO. Lalu, terdapat Indonesia Corner di markas besar UNESCO untuk mempromosikan benda-benda budaya Indonesia. Yang terakhir, ditetapkannya hari lahir dua pahlawan Indonesia yakni Keumalahayati dan sastrawan AA Navis sebagai perayaan internasional. 

5. Dua Figur Perempuan Indonesia Masuk Dalam The World’s Most Powerful Women 2023 Versi Forbes

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati/Foto: Instagram.com/smindrawati & nicke_widyawati

Yang terakhir dan yang terbaru, Sri Mulyani Indarwati dan  Nicke Widyawati yang berhasil masuk dalam list The World’s Most Powerful Women 2023 versi majalah Forbes. 

Dalam profile yang ditulis Forbes, Sri Mulyani yang berada di peringkat 47 itu memiliki prestasi yang luar biasa. Salah satunya, Menteri Keuangan Indonesia ini pernah mendapatkan penghargaan Best Minister atau Menteri Terbaik dalam acara World Government Summit 2022. 

Sedangkan Nicke Widyawati yang merupakan Direktur Utama Pertamina berada di nomor 51. Dengan kebijakannya dan kepemimpinannya di Pertamina, Forbes menilai Nicke layak menjadi salah satu perempuan yang paling berpengaruh di dunia. 

Nah, lengkap sudah 5 berita paling membanggakan dari Indonesia di tahun 2023. Semakin bangga menjadi rakyat Indonesia, kan, Beauties? Semoga negara kita makin berprestasi di tahun 2024, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)