5 Benda yang Tidak Boleh Disentuh di Rumah Orang Lain, Jangan Sembarangan!

Ketika kamu hendak berkunjung ke rumah orang lain, baik diundang oleh pemilik rumah maupun bertamu untuk menjalin silaturahmi maka perlu menjaga etiket bertamu agar tuan rumah tersebut tidak merasa terganggu akan kehadiranmu. Selain itu, dengan adanya etiket, kamu bisa memelihara hubungan baik antar sesama manusia.

Inilah mengapa etiket bertamu sangat penting dilakukan. Walaupun dalam hal ini, misalnya kamu merasa sudah sangat dekat dengan pemilik rumah dan pemilik rumah juga baik terhadapmu. Namun, kamu tetap tidak boleh bertindak sesukanya ketika bertamu.

Apalagi sampai menyentuh barang-barang yang ada di rumah tersebut maka sama saja kamu membiarkan orang lain menilai dirimu sebagai orang yang tidak memiliki sikap sopan santun.

Sehingga jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, kemungkinan terburuknya bisa saja orang lain akan menjauhimu dan tidak mau lagi mengundangmu ke rumahnya. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu mengetahui beberapa etiket dalam bertamu. Salah satunya adalah dengan tidak menyentuh beberapa barang yang tidak boleh disentuh ketika sedang bertamu di rumah orang lain.

Nah, kira-kira barang apa saja? Dirangkum dari Reader’s Digest dan Family Handyman, berikut 5 barang yang tidak boleh disentuh di rumah orang lain. Check it out!

Kulkas

Kulkas/Foto: Freepik/@freepik

Beauties, pernahkah kamu membuka kulkas yang ada di rumah temanmu tanpa izin mereka terlebih dahulu ketika kamu sedang berkunjung ke rumahnya? Jika pernah, sebaiknya tidak kamu ulangi lagi.

Sebab, meskipun kamu mungkin merasa dekat dengan pemilik rumah dan pemilik rumah juga sering mengatakan, “Anggap saja seperti di rumah sendiri”, namun bukan berarti kamu bisa bebas menyentuh barang-barang yang ada di rumah tersebut. Apalagi sampai membuka kulkasnya.

Sebab, jika hal tersebut terjadi maka pemilik rumah bisa saja berpikir kamu merupakan orang yang tidak sopan. Sebagai solusinya, tetaplah tenang ketika bertamu dan tunggu mereka menyediakan minuman maupun camilan untukmu. Namun, jika mereka lupa untuk memberikan minuman kepadamu dan kamu merasa haus maka beri tahu pemilik rumah atau sarankan untuk membeli sesuatu di luar.

Atau akan menjadi lebih baik jika kamu menawarkan diri untuk membeli atau membawa camilan dari rumahmu. Selain itu, jika tuan rumah mengajakmu untuk makan di rumahnya, kamu bisa menawarkan diri untuk membantunya dengan memasak atau mencuci piring.

Jendela dan AC

AC/Foto: dok. Checkatrade

Hampir sebagian rumah dilengkapi oleh jendela dan AC. Dalam hal ini, apabila kamu berkunjung ke rumah temanmu, hindari untuk menyentuh jendela dan AC mereka.

Biarkan pemilik rumah yang menentukan apakah akan membuka atau menutup jendelanya dan menaikkan atau menurunkan suhu AC di rumahnya. Ini karena mereka yang akan membayar tagihannya dan perlu diingat bahwa kamu adalah tamu di rumah mereka, jadi ada baiknya untuk tidak bertindak sesukamu.

Sementara itu, jika kamu merasa kedinginan karena suhu AC di ruangan tersebut maka merupakan pilihan yang baik untuk mencoba meminjam sweater mereka atau meminta tambahan selimut jika kamu berencana untuk menginap di rumahnya.

Dengan begitu, pemilik rumah mungkin akan melakukan dua pilihan, seperti menaikkan suhu AC atau meminjamkan sweater dan selimutnya untukmu. Sedangkan, jika kamu merasa gerah, ada baiknya untuk menyarankan aktivitas di luar ruangan. Namun, jika pemilik rumah tersebut memiliki AC, mungkin mereka akan memilih untuk menyalakan AC-nya alih-alih pergi ke luar.

Laci

Laci/Foto: Pexels/Vlada Karpovich

Selanjutnya, laci. Kita tentu sudah tidak asing dengan benda satu ini bukan, Beauties? Laci merupakan salah satu tempat penyimpanan yang biasanya berada di dalam lemari, kabinet, atau bahkan meja. Tempat penyimpanan ini kerap digunakan untuk menyimpan benda-benda kecil maupun benda berharga. Sehingga jika kamu berkunjung ke rumah orang lain, kamu tidak boleh menyentuh laci tanpa izin dari pemiliknya.

Apabila kamu melakukan hal tersebut maka kamu sudah melanggar privasi pemilik rumah. Selain itu, tindakanmu juga bisa menjadi boomerang jika ada barang yang hilang dari dalam laci yang kamu sentuh.

Apalagi jika rumah tersebut dilengkapi dengan CCTV maka kamu bisa berada dalam masalah yang rumit. Oleh karena itu, selalu jaga sikapmu dalam bertamu dan jangan menaruh rasa penasaran terlalu dalam terhadap barang yang bukan milikmu agar kamu tidak mendapati masalah maupun dinilai sebagai orang yang tidak memiliki sikap sopan santun.

Surat

Surat/Foto: Pexels/Ylanite Koppens

Mungkin ini terdengar sepele bagimu, namun surat termasuk ke dalam salah satu benda privasi seseorang yang tidak boleh disentuh sembarangan. Sehingga jika kamu mendapati surat yang mungkin tergeletak di meja ketika kamu berkunjung ke rumah temanmu maka kamu tidak boleh menyentuhnya, apalagi sampai membuka dan membaca isinya.

Alih-alih menyentuhnya, kamu bisa memberi tahu kepada pemilik rumah bahwa ada surat yang datang. Sebab, bisa jadi isi surat tersebut penting dan rahasia. Jadi, merupakan tindakan yang tepat untuk tidak bersikap penasaran dengan menyentuhnya. Dengan begitu, pemilik rumah tidak merasa kecewa sudah mengundangmu ke rumahnya.

Wi-Fi

Wi-Fi/Foto: dok. DStv Installations

Ini menjadi salah satu benda yang diincar oleh para tamu yang berkunjung. Jika kamu merupakan salah satu tamu tersebut maka hindari untuk menanyakan kata sandi Wi-Fi tanpa pemilik rumah tawarkan terlebih dahulu. Terkecuali jika kamu merupakan tamu kunjungan jangka panjang. Sebab, kata sandi merupakan bagian privasi yang tidak boleh sembarangan orang tahu.

Jadi, jika kamu baru pertama kali berkunjung ke rumah orang lain atau mungkin temanmu maka hindari untuk menanyakan kata sandi dari Wi-Fi rumahnya. Ada baiknya untuk menunggu pemilik rumah menawarkannya terlebih dahulu.

Selain itu, jika kamu sudah diberikan kata sandi Wi-Fi maka usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering sebisa mungkin. Tujuannya agar kamu bisa memaksimalkan waktu berkualitas saat bertamu. Dengan begitu, acara bertamu menjadi lebih nyaman. 

Nah, Beauties itulah tadi 5 barang yang tidak boleh disentuh di rumah orang lain. Pastikan kamu tidak menyentuhnya saat bertamu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)