5 Alasan Kamu Harus Punya Capsule Wardrobe, Tren Minimalis Masa Kini

Dalam beberapa tahun terakhir, gaya hidup minimalis menjadi tren di kalangan masyarakat, terlebih kaum milenial dan Gen Z. Perubahan ini turut mempengaruhi industri fashion, di mana gaya pakaian sederhana, elegan, dan timeless menjadi populer. Salah satu konsep yang muncul sebagai solusi untuk menghadapi sifat konsumerisme berlebihan adalah “Capsule Wardrobe“.

Secara sederhana, capsule wardrobe sendiri adalah konsep mengelola pakaian dimana hanya memuat item pakaian yang paling sering digunakan dan dapat dipadu padankan secara fleksibel karena memiliki warna yang netral. Konsep pakaian ini juga bisa dipakai kapan saja dan tidak terikat pada tren. 

Mengutip dari Modern Minimalism, berikut beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dalam menerapkan konsep capsule wardrobe!

1. Menghemat Waktu

Menghemat Waktu/ Freepik.com/tirachardz

Memilih pakaian jadi salah satu kegiatan yang memakan waktu dan membingungkan. Dengan menerapkan konsep minimalis ini, akan membantu kita lebih menghemat waktu dan lebih mudah untuk dipadu padankan.

2. Mengurangi Limbah

Mengurangi Limbah/ Freepik.com/wayhomestudio

Berbicara tentang lingkungan, ternyata konsep  juga jadi salah satu cara kita untuk menjaga bumi loh! Dengan mengurangi pakaian berarti kita juga mengurangi bahan-bahan kimia dan bisa membuat lingkungan lebih baik.

3. Lebih Sustainable

Lebih Sustainable/ Freepik.com

Gaya pakaian minimalis sangat menguntungkan karena akan lebih sustainable. Berfokus pada konsep timeless, pakaian yang dimiliki bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama dan tidak akan ketinggalan jaman. Artinya, konsep ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam memilih busana, tetapi juga mengajak kita untuk mengurangi fast fashion.

4. Menghemat Pengeluaran

Menghemat Pengeluaran/ Pexels.com/Karolina Grabowska

Ya! Dengan menerapkan gaya pakaian minimalis, pengeluaran dapat lebih dikelola secara bijak. Ketika ingin membeli pakaian, kita juga akan lebih matang dalam merencanakan penampilan dan manfaatnya sehingga nantinya pakaian tersebut tidak terbuang sia-sia.

5. Mengurangi Stress

Mengurangi Stress/ Pexels.com/Liza Summer

Mungkin kamu bingung, apakah gaya pakaian bisa mengurangi stres? Jawabannya tentu saja bisa! Memiliki pakaian yang terlalu banyak tentunya akan membuat lemari terlihat berantakan. Hal ini ternyata bisa menambah hormon stress dalam tubuh kita. Dengan menyederhanakan pakaian, lemari kamu akan lebih terlihat rapih dan nyaman.

Ingat ya, menerapkan capsule wardrobe bukan berarti kamu tidak boleh membeli pakaian baru. Tapi ketika membeli, pastikan memiliki pakaian dengan kualitas yang bagus sehingga tidak lekang oleh waktu dan pastinya selaras dengan pakaian yang sudah kamu miliki.

Gimana Beauties? Apakah kamu tertarik untuk mencoba konsep capsule wardrobe?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)