4 Tips Bahagia Ala Negara Finlandia yang Bisa Disontek, Agar Tahun 2024 Jadi Lebih Cerah!

Membuka tahun 2024, apa harapan hidup, Beauties? Pasti selalu diselimuti kebahagiaan, bukan? Lantas bagaimana tips menjemput kebahagiaan itu?

Berkaca dari Negara Finlandia, masyarakat di sana dikenal sebagai masyarakat paling bahagia di dunia. Kok bisa? Tentunya mereka menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang justru berbalik dengan masyarakat Indonesia, seperti bragging.

Diketahui selama enam tahun berturut-turut Finlandia berhasil menduduki posisi teratas sebagai negara paling bahagia di dunia, menurut World Happiness Report. Penasaran kah, bagaimana tips bahagia ala Negara Finlandia? Berikut 4 hal yang membuat masyarakat Finlandia selalu bahagia!

1. Tidak Suka Menyombongkan Diri

Orang Finlandia tidak gemar memamerkan kekayaannya/foto: freepik.com/fxquadro

Pernah tidak, Beauties menjumpai orang yang suka flexing atau bragging? Kalau hidup di Finlandia, rasanya akan sulit menemukan orang yang suka menyombongkan dirinya entah dari kekayaan maupun kebahagiaan yang dimiliki. Kenapa? Sebab, orang Finlandia sangat memegang teguh pepatah jaman dahulu.

Pepatah itu berbunyi “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön,” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda“.

Peneliti psikologi Finlandia, Frank Martela, PhD mengungkapkan bahwa rata-rata orang kaya di Negara Finlandia tidak malu dan lebih memilih menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi.

2. Tidak Kepo-an dan Lebih Fokus pada Diri Sendiri

Menjauhkan diri dari perasaan kepo bisa membuat hidup menjadi bahagia/foto: freepik.com/frepik

Tips bahagia selanjutnya ala orang Finlandia adalah tidak kepo-an. Selaras dengan tindakan sebelumnya yang tidak suka bragging, mereka pun tidak suka kepo dan ikut campur urusan orang lain. Kecuali, jika ia dimintai tolong. 

Alih-alih kepo terhadap kebahagiaan atau pencapaian orang lain, lebih baik fokus pada diri sendiri. Menurut Martela, langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar diri sendiri, bukan membandingkan diri dengan orang lain.

3. Jujur dan Membangun Kepercayaan

Memupuk rasa saling percaya satu sama lain itu penting/foto: freepik.com/kamranAydinov

Dua hal ini memang menjadi pondasi kuat dalam menjalani hidup. Meskipun masih ada saja selentingan orang yang berucap ‘jujur bikin ajur. Bohong sekali saja tidak masalah‘. Itu sangat tidak benar ya, Beauties. Sebuah penelitian dari National Bureau of Economic Research mengatakan, semakin tinggi tingkat kejujuran dan kepercayaan di suatu negara, maka akan semakin bahagia warganya.

Orang Finlandia cenderung saling percaya dan menghargai kejujuran. Mereka tidak akan mengambil sesuatu yang bukan haknya. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Reader’s Digest pada 2022. 

Reader’s Digest melakukan eksperimen ‘dompet hilang’ di sejumlah negara di dunia untuk menguji kejujuran masyarakat. Dalam eksperimen tersebut, 11 dari 12 dompet yang dijatuhkan di Helsinki, Finlandia dikembalikan lagi ke pemiliknya.

4. Menghargai dan Menghormati Alam

Menyempatkan diri menghirup udara di alam terbuka mampu menyeimbangkan kesehatan mental/foto: freepik.com/jcomp

Tercatat 87% orang Finlandia hidup selaras dengan prinsip alam dan memprioritaskannya, menurut survei Sitra 2021. Mereka memanfaatkan alam untuk terhubung dengan kondisi mental. Bayangkan setiap hari berkutat dengan pekerjaan dan udara perkotaan? Betapa lelahnya mental jika tidak diimbangi dengan relaksasi di alam bebas. 

Dalam survei, sebanyak 62% orang Finlandia mengatakan alam memberi mereka energi untuk berada di alam dan 56% mengatakan alam membantu mereka memulihkan diri. Oleh karena itu, tidak heran jika negara yang dipenuhi danau dan hutan luas memiliki 40 taman nasional.

Itu tadi tips bahagia ala Negara Finlandia yang bisa Beauties tiru. Semoga di tahun 2024, kehidupan Beauties semakin berwarna dan bermakna ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)