4 Tempat Tak Terduga yang Bantu Kamu Cari Inspirasi, Bisa Asah Kreativitas!

Beauties, kamu nggak perlu travelling ke tempat yang jauh untuk menemukan ide yang bisa boosting kreativitas kamu. Kamu perlu mencoba cara yang simpel tapi bisa menemanimu bereksplorasi dengan berbagai cerita baru sambil nostalgia.

Dikutip  dari Twenty Well Press dan buku The Science of Psychology yang ditulis oleh Laura King, berikut rekomendasi lokasi unik untuk bantu boosting kreativitas dan ide-ide barumu dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari apa pun profesimu, Beauties.

1.  Lemari Dapur


Bermain di lemari dapur/Foto:freepik.com/freepik

Ingat saat kamu kecil dan sering bermain menemani keluargamu memasak sesuatu di dapur. Beauties dapat melayangkan momen nostalgiamu ke beberapa tahun yang lalu. Saat kamu masih kecil dan bermain dengan benda-benda yang ada di lemari dapur. Sebetulnya nggak cuma lemari dapur, tapi kamu bisa mencari inspirasi di dekat lemari koleksi barang-barang yang dulu pernah kamu pakai untuk meletakkan mainanmu.

Kamu dapat berimajinasi seolah-olah kamu kembali ke masa itu, momen yang punya kenangan emosional tersendiri. Kamu pun bisa self talk pada dirimu sendiri, kira-kira kalau bisa kembali ke masa itu, kegiatan apa aja yang mau kamu lakukan sambil bermain di lemari dapur itu. Mungkin kamu akan menyamar seperti tokoh-tokoh dalam cerita fantasi dan merangkai petualangan kecilmu di sana, Beauties! Dari sana, ide yang tadinya belum terpikirkan perlahan pasti bermunculan.

2. Ruang Tunggu di Rumah Sakit Anak

Ruang Tunggu di Rumah Sakit Anak/Foto:Freepik.com/fabrikasimf

Saat masih kecil, mungkin pergi ke rumah sakit merupakan momen yang menyimpan rasa senang sekaligus rasa takut. Di satu sisi kamu senang karena bisa bermain di ruang tunggu yang menyenangkan. Biasanya rumah sakit anak dilengkapi dengan ruang tunggu dengan segudang permainan yang seru. Salah satunya seperti rumah-rumahan, tempat yang berbentuk seperti istana yang memungkinkan kamu untuk berfantasi dan bermain dengan imajinasi kamu.

Bahkan mungkin saat itu kamu jadi lupa kalau kamu sedang sakit. Beauties, kamu dapat saja mencari inspirasi dengan mampir ke ruang tunggu di sebuah rumah sakit dan menantang pikiran kreatifmu sambil ikut bermain dengan anak-anak di sana dan bebaskan imajinasimu. Bayangkan kamu seorang sutradara yang sedang merancang cerita baru dan coba ciptakan skenario seru dengan genre kesukaanmu. 

3. Berkunjung ke Rumah Kakek atau Nenek

Berkunjung ke Rumah Kakek atau Nenek/Foto:Freepik.com/Freepik

Sambil berkunjung dan bermain menemui kakek dan nenek, Beauties juga dapat menggali cerita mereka dan berpetualang di rumah kakek dan nenekmu. Pastinya mereka juga punya ruang-ruang khas dengan perabotan yang unik dan punya cerita bersejarah yang penuh kesan untuk mereka secara pribadi.

Mendengarkan cerita mereka, sambil membuka album kenangan masa lalu, pastinya akan membawa pikiranmu ke berbagai era dan pastinya pikiranmu akan lebih terbuka dengan banyak hal yang baru kamu ketahui. Tentunya ini baik untuk jadi asupan kreativitas kamu, Beauties. Kamu jadi punya sudut pandang yang lebih luas dan berwarna dari cerita kakek dan nenekmu, karena kreativitas bicara tentang cara kamu melihat dan menyelesaikan masalah dari berbagai sudut pandang.

4. Mencari Insight di Halte Bus

Mencari Insight di Halte Bus/Foto: Freepik.com/freepik

Beauties, kamu dapat menikmati momen menunggu bus dengan cara yang nggak biasa. Saat kebanyakan orang umumnya merasa kesal karena bus tak kunjung datang, kamu dapat menggunakan momen ini untuk melihat ke sekeliling, mengamati penumpang lainnya yang sedang menunggu bus dan mengamati lalu lintas yang berlalu-lalang di sana.

Ini nggak cuma menjadi inspirasi dan pemantik untuk lahirnya ide-ide baru kamu, tapi Beauties kepekaan kamu juga jadi lebih terasah loh! Dulu mungkin kamu cuek dengan kondisi sekitarmu, tapi dengan mengisi waktu menunggu dengan membayangkan seolah-olah dirimu ada di posisi penumpang lain, pasti pikiranmu jadi lebih terbuka dan terpacu dengan ide-ide yang nggak biasa.

Bahkan dengan menikmati pemandangan yang ada di  sekitar halte bus, bisa memberi kamu banyak insight, mulai dari sejarah lokasinya atau bisa jadi kamu terinspirasi dari eksterior dan suasana di sekitar halte bus.

Oke, Beauties itu tadi beberapa rekomendasi lokasi yang bisa kamu coba untuk mengasah kreativitas kamu. Kreativitas nggak cuma di lokasi yang jauh aja, tapi bisa dimulai dari tempat-tempat yang dekat dengan keseharianmu!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)