4 Pengobatan Alami untuk Bantu Tidur Nyenyak, Ini Suplemen dan Jenis Terapi yang Bisa Dicoba

Waktu tidur yang tidak cukup memang bisa mengurangi produktivitas kamu sehingga kegiatan sehari-hari bisa berjalan tidak maksimal. Untuk menjaga atau meningkatkan kualitas tidur, perlu dilakukan terapi dan pengobatan secara rutin.

Beberapa jenis pengobatan alami ada yang diformulasikan agar kebutuhan tidur seseorang tercukupi. Dilansir melalui Healthline, ini dia beberapa jenis pengobatan alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

1. Lavender


Ilustrasi Lavender. /Foto: Unsplash.com/LauraChouette.

Tanaman lavender cukup populer dan dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Aroma khas dari bunga ini dipercaya dapat membuat tubuh rileks dan mampu meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah penelitian juga menunjukkan seseorang yang mencium minyak lavender bisa mengatasi gejala insomnia mereka. Kandungan dari bahan ini sangat efektif untuk memperbaiki gejala gangguan tidur.

Lavender hanya bisa digunakan untuk aromaterapi saja dan bukan untuk dikonsumsi oleh tubuh. Mengenai suplemen yang terbuat dari lavender masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanannya.

2. Chamomile

Ilustrasi teh chamomile. /Foto: Unsplash.com/AnshuA.

Banyak orang menggunakan chamomile sebagai hidangan teh ataupun minyak esensial. Sudah sejak lama chamomile banyak digunakan untuk mengurangi masalah kecemasan dan gangguan insomnia.

Kandungan di dalam chamomile terdapat antioksidan yang disebut apigenin dan dapat memengaruhi reseptor ke otak. Orang yang mengonsumsi bahan ini dapat lebih merasa rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

Ekstrak dari bahan ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang secara signifikan. Bahkan sudah banyak orang yang menggunakan bahan ini sebagai suplemen untuk mengembalikan kualitas tidur mereka.

3. Magnesium

Ilustrasi makanan yang mengandung magnesium. /Foto: Freepik.com/KamranAydinov.

Magnesium adalah mineral alami yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu otot rileks dan mengurangi stres. Beberapa penelitian menunjukkan suplemen magnesium dapat mendorong siklus tidur yang lebih sehat.

Mengonsumsi suplemen yang kaya magnesium dapat menimbulkan rasa kantuk terutama jika dikonsumsi pada malam hari. Tentunya suplemen ini harus digunakan sesuai anjuran yang tepat sehingga tidak dapat digunakan secara terus menerus.

Selain suplemen, kamu juga bisa memakan berbagai jenis camilan yang kaya akan kandungan magnesium. Beberapa di antaranya ialah seperti pisang, sereal gandum, dan susu hangat yang dikonsumsi satu jam sebelum tidur.

4. Melatonin

Ilustrasi mengonsumsi makanan mengandung melatonin. /Foto: Freepik.com/Cookie_studio.

Selain magnesium, kamu bisa mengkonsumsi jenis suplemen yang memiliki kandungan melatonin. Seperti yang diketahui, melatonin dapat memberikan sinyal ke otak dan tubuh untuk segera tidur.

Dengan mengonsumsi suplemen ini, kadar melatonin secara alami dapat meningkat terutama pada malam hari. Ini dapat mengatasi berbagai penyebab gangguan tidur seperti jet lag dan lainnya.

Meski begitu, suplemen ini aman dikonsumsi dalam jangka pendek terutama untuk orang dewasa. Sedangkan melatonin tidak dianjurkan bagi orang yang sedang hamil atau menyusui karena masih dibutuhkan penelitian terkait keamanan dan efektivitasnya.

Nah, itu dia 4 pengobatan alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Selain terapi sederhana yang bisa digunakan, beberapa suplemen ini sangat membantu untuk mengatasi gejala gangguan tidur dalam jangka panjang. Tentu ini berdampak terhadap kualitas tidurmu yang lebih nyenyak dan tenang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)