4 Kebiasaan Pagi yang Bisa Cepat Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai Rutin Biasakan!

Menurunkan berat badan atau menghilangkan lemak di tubuh tidak dapat dilakukan secara instan. Semuanya butuh komitmen dan dilakukan dengan rutin. Menerapkan kebiasaan sehat di pagi hari dapat berperan penting dalam menurunkan berat badan dan menjadi gaya hidup sehat.

Berikut adalah 4 aktivitas pagi hari yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Simak dan mulai lakukan yuk, Beauties!

1. Olahraga Pagi

Olahraga pagi/Foto: Pexels/Mart Production

Dilansir dari Hindustan Times, berolahraga di pagi hari merupakan cara efektif untuk membakar lemak di perut. Berolahraga seperti berjalan cepat, yoga, HIIT workouts, cardio, jogging, bahkan bersepeda dapat meningkatkan oksidasi lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap pagi.

Terkait berolahraga di pagi hari, kamu akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dan efektif jika berolahraga dulu sebelum sarapan. Dikutip dari CNBC Indonesia, olahraga sebelum sarapan dapat membakar lebih banyak lemak. Ada pula penelitian yang mengemukakan bahwa berolahraga sebelum sarapan tidak akan meningkatkan rasa lapar sehingga kamu menjadi ingin makan secara berlebihan. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah hanya olahraga-olahraga ringan seperti HIIT, lari kecil 30 menit, yoga, dan workouts ringan yang boleh dilakukan sebelum sarapan. Sebaliknya, kamu perlu sarapan terlebih dahulu jika ingin melakukan olahraga berat seperti lari maraton, berenang, dan sebagainya. Demikianlah yang dikutip dari detikHealth. 

2. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan tinggi protein/Foto: Pexels/Roman Odintsov

Dilansir dari Web MD, protein dapat membantumu menurunkan berat badan karena protein memberi rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Tubuhmu juga lebih sulit menyimpannya sebagai lemak berlebih. Pilihlah sarapan yang kaya akan protein seperti telur, roti gandum, yogurt, sosis, dan sebagainya.

3. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau/Foto: Pexels/Maria Tyutina

Minumlah secangkir teh hijau atau teh herbal di pagi hari. Teh hijau dikenal mengandung katekin (senyawa tidak berwarna yang larut dalam air, memberikan rasa pahit dan sepat pada teh). Katekin ini dapat membantu meningkatkan oksidasi lemak pada tubuhmu. Demikian yang dikutip dari ZeeNews.

4. Hindari Makanan Manis Saat Sarapan

Hindari makanan manis saat sarapan/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Hindari sarapan dengan makanan atau minuman manis. Sebab, kandungan gula pada menu tersebut dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan meningkatkan nafsu makanmu sepanjang hari.

Lebih baik bila kamu mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian saat sarapan. Selain membantu melancarkan pencernaan, kamu menjadi lebih mudah kenyang, dan  berat badanmu menjadi lebih mudah terkontrol.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)