4 Kebiasaan Buruk di Tanggal Muda yang Bikin Sulit Kaya Raya, Kamu Ikut Lakukan Juga?

Salah satu hari yang paling membahagiakan di setiap bulannya, adalah hari gajian. Biasanya, jauh-jauh hari sebelum tanggal gajian, sederet keinginan, keperluan, dan kebutuhan segala macam sudah ter-list dalam catatan. Relate nggak nih, Beauties?

Namun, di samping banyaknya kebutuhan dan pemasukan yang hanya cukup untuk biaya hidup bulanan, menjadi kaya raya tentu jadi harapan utama ya. Sayangnya beberapa kebiasaan buruk di tanggal muda bisa membuat keuangan jadi berantakan lho!

Nah, berikut sederet kebiasaan buruk di tanggal muda yang bikin kamu sulit kaya raya. Simak!

1. Tidak Mencatat Sisa Keuangan Bulan Lalu

Ilustrasi mengatur keuangan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Mencatat dan menghitung adalah kunci dari keuangan yang sehat. Dengan mencatat, kamu akan tahu kemana saja perginya uang tersebut. 

Sering kali banyak orang lupa mencatat sisa keuangan bulan lalu dan langsung menggabungkannya saja dengan hasil gajian. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat hitungan gaji per bulanmu jadi berantakan. 

Usahakan untuk selalu mencatat sisa keuangan bulan lalu. Setelah mencatat, sisa uang tersebut bisa kamu gabungkan dengan tabungan saja. Cara ini bisa membuat keuangan saat gajian tetap terkontrol sesuai porsinya, dan sisa uang bulan lalu bisa menambah tabungan.

2. Langsung Berbelanja Tanpa Pertimbangan
Young Asian Woman Working at home, Young Owner Woman Start up for Business Online. People with online shopping SME entrepreneur or freelance working concept.

Ilustrasi berbelanja/Foto: Getty Images/iStockphoto/Bavorndej

Saat gajian, sering kali kita merasa jika uang kita sangatlah banyak. Padahal itu sama saja seperti bulan lalunya. 

Karena merasa uang masih banyak, beberapa orang sering langsung berbelanja tanpa pertimbangan. Kebiasaan buruk tanpa perencanaan ini bisa membuatmu jadi selalu kurang dan bahkan susah untuk kaya raya lho, Beauties!

3. Mengutamakan Keinginan daripada Kebutuhan
Asian beautiful women blogger are using the smartphone live streaming online with a shopping bag In the white room with cosmetics on table.Concept of online shopping business.

Ilustrasi berbelanja/Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay

Kalau kita terbiasa mengikuti keinginan daripada kebutuhan, maka tak akan pernah ada habisnya. Akan selalu saja ada yang kita inginkan. 

Demi keinginan kaya raya, penting sekali untuk selalu mengutamakan kebutuhan. Jika segala kebutuhan untuk hidup sehari-hari sudah tercukupi, barulah berpikir untuk keinginan tersebut. Penting atau tidak untuk kamu beli dan penuhi.

4. Menabung Hanya dari Sisa Gajian
Ilustrasi Taurus saat sedang menabung/Foto: pexels.com/towfiqu-barbhuiya-3440682

Ilustrasi menabung/Foto: pexels.com/towfiqu-barbhuiya-3440682

Terakhir, kebiasaan yang bisa membuatmu sulit kaya raya adalah hanya menabung dari sisa gajian. 

Menabung dari sisa gajian ini membuatmu tidak punya hitungan tepat berapa per bulannya untuk ditabung. Pasti jumlahnya tak akan sama setiap bulannya. Lalu, untuk mencapai beberapa target, pasti akan membuatmu lama kesulitan. 

Cara mudah agar segala kepenuhan, keinginan, dan tabungan terpenuhi, kamu bisa menerapkan metode 50-30-20. Yakni, 50 persen dari gajian untuk kebutuhan pokok, 30 persennya untuk memenuhi keinginan, dan 20 persen untuk tabungan. 

Nah Beauties, itu dia sederet kebiasaan di tanggal muda yang bisa membuatmu sulit kaya raya. Yuk jangan lagi lakukan!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)