4 Fakta Menarik tentang Mall yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Salah Satunya Nggak Ada Jam!

Siapa di sini yang suka menghabiskan waktu dengan belanja atau sekadar jalan-jalan di mall? Pasti banyak dari Beauties yang suka nge-mall, ya? Seiring perkembangan zaman, kini mall memiliki aneka rupa. Ada yang diperuntukkan untuk berbelanja, adapun yang digunakan untuk ajang berkumpul. 

Menjadi tempat favorit sebagian orang, yuk, simak fakta-fakta menarik tentang mall!

1. Terinspirasi dari Pasar Eropa

Ilustrasi pasar Eropa / Foto: Pexels.com/Helena Jankovičová Kováčová

Mall yang identik dengan toko-toko sepanjang jalan ini terinspirasi dari pasar-pasar di Eropa, dilansir dari Mental Floss. Tidak hanya itu, mall juga diperuntukkan sebagai ruang berkumpul.

Victor Gruen, perancang pioner mall di Amerika mengungkapkan tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, namun mall juga dilengkapi dengan aktraksi non-retail, seperti air mancur dan tempat duduk, yang menjadi elemen penting untuk orang-orang berkumpul. 

Desain mall oleh Victor Gruen terinspirasi dari pusat kota yang ramai dan lingkungan sekitar di Eropa, di mana ada banyak sekali orang-orang yang berjalan, berbelanja maupun sekadar bersantai di lokasi tersebut. 

2. Nama ‘Mall’ Berarti Jalan

Ilustrasi mall / Foto: Pexels.com/Vinicius Wiesehofer

Sesuai yang dijabarkan di atas, Victor Gruen terinspirasi dari pusat kota yang penuh dengan pejalan kaki. Dari situlah, nama mall tercetus. Nama mall diambil dari kawasan pejalan kaki yang berbentuk linier dan ditata dengan baik, melansir Interesting Facts.

Adanya penambahan kata shopping mall untuk merujuk pada pusat perbelanjaan. Sedangkan mall bisa berarti jalan atau kawasan jalan yang terlindung. 

3. Tidak Ada Jam di Mall

Ilustrasi mall / Foto: Pexels.com/Tuur Tisseghem

Jarang sekali mall menempatkan jam di lingkungannya. Bukan tanpa alasan, ini justru strategi agar orang ‘lupa waktu’ dan tetap berada di mall.

Laman The Weight She Carries, mengungkapkan bahwa berbelanja berdampak langsung pada pusat kesenangan otak seseorang. Saat berbelanja, otak dibanjiri dopamin yang serupa dengan mabuk. 

4. Warna Merah Menarik Perhatian

Ilustrasi warna merah di mall / Foto: Pexels.com/Dex Planet

Warna merah menjadi warna favorit sebagian orang. Namun, pernahkah Beauties sadari bahwa banyak toko di dalam mall yang menggunakan warna merah, baik untuk visual toko, maupun poster-poster promosinya?

Hal ini dikarenakan warna merah adalah warna yang bagus untuk pemasaran. Warna merah akan menarik perhatian pengunjung dan dapat mendorong pembelanjaan. Oleh sebab itu, banyak toko yang menggunakan warna merah untuk tampilannya. 

Wah, menarik sekali keempat fakta di atas ya, Beauties? Siapa di sini yang suka ke mall? Kira-kira mall mana yang jadi favorit Beauties, nih?

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)