4 Etika Makan yang Benar di Restoran All You Can Eat, Wajib Tahu Biar Nggak Malu

All you can eat (AYCE) merupakan konsep tempat makan yang memperbolehkan pengunjungnya menikmati hidangan yang disajikan dengan harga tetap. Meski pengunjung bebas mengonsumsi variasi hidangan yang disajikan oleh pihak restoran, ternyata ada beberapa aspek yang perlu kamu pahami, salah satunya adalah etika makan yang benar.

Agar pengalaman kuliner kamu di tempat makan berkonsep all you can eat terasa nyaman dan menyenangkan, terapkan beberapa etika makan yang tepat berikut ini, yuk!

1. Mengambil Makanan Sesuai Porsi

Ilustrasi makanan/Foto: Unsplash.com/Farhad Ibrahimzade

Konsep makan All You Can Eat membuat orang-orang mengambil makanan sebanyak mungkin. Padahal ini merupakan etika makan yang salah karena termasuk pemborosan makanan.

Selain itu, kamu juga bisa dikenakan biaya tambahan jika makanan yang sudah kamu pilih masih tersisa banyak. Nah, untuk menghindari kerugian tersebut, sebaiknya kamu mengambil makanan sesuai dengan porsi yang wajar.

2. Tidak Membawa Pulang Makanan

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/freepik

Etika makan di tempat all you can eat berikutnya adalah tidak membawa pulang makanan yang sudah dipesan. Sebab, konsep utama dari restoran all you can eat adalah memastikan pengunjung menikmati makanan saat berada di dalam restoran.

Kamu juga tidak boleh membungkus makanan yang tersisa untuk menghindari denda. Jika ketahuan oleh pihak restoran, kamu akan mendapatkan denda sesuai dengan nominal yang berlaku.

3. Memanfaatkan Waktu Sebijak Mungkin

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/galitskaya

Salah satu ciri khas dari restoran all you can eat adalah memberikan durasi waktu tertentu bagi pengunjung untuk menghabiskan semua makanan yang sudah dipilih. Pada umumnya, restoran akan memberikan waktu untuk memasak dan makan selama 90 menit.

Memanfaatkan durasi waktu yang sudah ditentukan merupakan etika makan di tempat all you can eat yang benar. Tidak duduk terlalu lama dengan piring yang kosong di atas meja juga perlu kamu lakukan, Beauties.

4. Tidak Mengganggu Pengunjung Lain

Ilustrasi Foto: freepik.com/freepik

Berkunjung ke restoran all you can eat tentu tidak sendirian. Pastinya kamu akan membawa teman atau keluarga untuk makan bersama. Demi kenyamanan bersama, hindari hal-hal yang sifatnya mengganggu pengunjung lain, seperti berisik dan terlalu lama memilih makanan sehingga pengunjung lain harus menunggu antrian.

Nah, itulah beberapa etika makan di restoran all you can eat yang benar dan bisa kamu terapkan nantinya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)