4 Cara Menyimpan Roti Agar Awet dan Tak Cepat Jamuran

Roti menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Variasi rasanya yang beragam dan sifatnya yang mengenyangkan membuat jenis makanan satu ini memang tidak bisa ditolak. Sayangnya, roti termasuk makanan yang juga mudah busuk dan berjamur.

Ketahanan roti pun biasanya hanya berlangsung sekitar tiga hari hingga seminggu saja. Meski begitu, sebenarnya roti bisa-bisa saja loh tahan lebih lama dari itu asalkan cara penyimpanannya benar.

Terkait itu, dilansir dari Food and Wine, Madelyn Osten, mantan kepala pembuat roti di New York membagikan sejumlah cara menyimpan roti agar lebih awet. Simak! 

1. Masukkan ke Kulkas

Masukkan ke kulkas/ Foto: Freepik.com/freepik

Memasukkan roti ke dalam kulkas dan membekukannya dalam freezer merupakan cara terbaik mengawetkan roti. Sebelumnya, kamu tentu perlu bungkus rapat roti dalam kantong. Jika roti telah diiris, maka kamu bisa meletakkan kertas minyak di antara irisan tersebut agar lebih mudah saat akan dikeluarkan atau dipisahkan. 

Nantinya, kamu bisa langsung mengeluarkan roti dari freezer jika ingin dikonsumsi. Kamu juga dapat memanaskan atau memanggangnya terlebih dahulu agar lebih nikmat. 

2. Simpan di Kantong Kertas

Simpan di kantong kertas/ Foto: Freepik.com/freepik

Menyimpan roti dalam kantong kertas adalah cara lain untuk membuatnya lebih tahan lama. Terkait itu, hindari menyimpan roti dalam kantong plastik karena dapat mendorong pertumbuhan jamur yang memicu roti cepat busuk. 

Pastikan pula seluruh bagian roti tertutup rapat dan terhindar dari paparan sinar matahari. Hal itu untuk membantu mempertahankan kesegarannya. 

3. Taruh di Kotak Kedap Udara

Taruh di kotak kedap udara/ Foto: Pexels.com/Tofros.com

Cara lain untuk membuat roti lebih awet adalah dengan menyimpannya ke dalam kotak roti. Upayakan kotak yang digunakan tersebut kedap udara untuk mencegah udara masuk. 

Dengan begitu, maka kualitas dan kesegaran roti akan tetap terjaga. Ini sekaligus mencegah roti jamuran karena pada dasarnya jamur butuh udara untuk tumbuh. 

4. Hindari Tempat Lembap

Hindari tempat lembap/ Foto: Pexels.com/Pixabay

Tempat lembap bisa mendorong pertumbuhan jamur pada roti. Pasalnya, jamur memang akan tumbuh lebih baik dalam lingkungan yang lembap. 

Hal tersebut bisa menyebabkan roti menjadi basah, berubah warna, hingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, simpan roti di tempat yang kering dan hindari menyimpannya dekat dengan sumber air, seperti di wastafel. 

Nah, itulah sejumlah cara menyimpan roti agar awet dan tidak cepat jamuran. Semoga bermanfaat, ya! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)