3 Rekomendasi Wisata Alam untuk Healing di Magelang, Yuk Melipir dari Kepenatan!

Beauties, libur akhir tahun udah makin dekat, nih. Kalau biasanya destinasi favorit wisata adalah Kota Yogyakarta, yuk sesekali melipir ke Kota Magelang. Bila kamu lagi mencari tempat bertema alam untuk healing, maka Magelang bisa menjadi jawabannya.

Kota Sejuta Bunga ini dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Merapi, Telomoyo, Tidar, dan Andong. Jadi nggak salah jika kota ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Selain itu, kota ini juga memiliki vibes yang nyaman dan tenang, jauh dari hiruk pikuk kota.

Kalau tertarik pergi ke Magelang, berikut adalah 3 rekomendasi tempat healing untuk kamu yang merindukan ketenangan.

Negeri Sayur Sukomakmur

Negeri Sayur Sukomakmur/ Foto: instagram.com/negeri_sayur_sukomakmur

Tempat wisata yang satu ini sudah sangat terkenal, Beauties. Dari namanya saja, sudah terbayang dibenak kita kalau tempat yang dituju ini pastilah hamparan hijau yang luas dan sejuk.

Negeri Sayur Sukomakmur terletak di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran. Jarak perjalanan dari pusat Kota Magelang adalah sekitar 27 kilometer yang dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Untuk masuk ke dalam desa ini pun tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan Rp8ribu saja per orang, kamu sudah bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah dan menyejukkan mata. Lahan terasering yang ditumbuhi berbagai macam sayuran dengan latar belakang Gunung Sumbing, cocok sekali untuk kamu yang ingin melepas kepenatan dari hiruk pikuk kota.

Beberapa tips bagi Beauties yang ingin pergi ke sini, sebaiknya datang di pagi hari (mulai pukul 6 pagi) karena bisa menikmati keindahan tanpa ditutupi kabut. Jangan lupa untuk memakai baju yang hangat, ya! Untuk akses ke Negeri Sayur Sukomakmur ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan beroda empat, bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Silancur High Land

Silancur High Land/ Foto: silancurhighland.com

Pilihan destinasi wisata selanjutnya jatuh pada Silancur High Land. Bagi kamu yang ingin menginap bersama teman maupun keluarga untuk melihat sunrise dan juga eksplorasi tempat sekitar, maka tempat ini cocok buatmu, Beauties.

Terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik Magelang, tempat ini dapat dijangkau dari pusat kota Magelang sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Harga tiket masuknya sebesar Rp10ribu di hari Senin-Sabtu dan Rp15ribu di hari Minggu ataupun libur nasional.

Terdapat berbagai macam fasilitas penginapan yang ditawarkan. Mulai dari camping dengan tenda, homestay, dan yang paling banyak menarik perhatian adalah, glamping (camping mewah). Silakan sesuaikan dengan tema liburan dan juga budget yang kamu miliki, ya, Beauties.

Udal Kali Gumuk

Udal Kali Gumuk/ Foto: instagram.com/jawagraph

Tempat wisata alam yang terakhir ini nggak jauh dari pusat kota, loh, Beauties. Namanya adalah Udal Kali Gumuk yang jaraknya hanya sekitar 15 menit dari pusat kota. Bagi yang ingin merasakan segarnya berenang di mata air, cus bisa langsung ke sini!

Terletak di Dusun Gumuk, Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Udal Kali Gumuk buka setiap harinya mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Untuk masuk ke sini nggak perlu bayar. Cukup membayar parkir dan juga uang sukarela untuk kas masyarakat sekitar. Serta bayar Rp5ribu saja untuk sewa ban sepuasnya.

Selain berenang, kamu juga bisa camping, loh di sini. Namun, kamu perlu membawa peralatan sendiri, ya Beauties. Sebab, tempat ini nggak menyediakan peralatan untuk camping, hanya disediakan tempat yang aman dan nyaman.

Itulah 3 rekomendasi tempat wisata alam di Kota Magelang untuk kamu yang ingin menghilangkan kepenatan. Ternyata selain Borobudur, Magelang memiliki banyak tempat wisata yang nggak kalah keren, ya. Yuk, segera agendakan untuk liburan akhir tahunmu! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)