3 Makanan yang Ternyata Berbahaya untuk Dikonsumsi di Malam Hari

Rasa lapar kerap menghampiri siapa pun menjelang tidur. Pada akhirnya Beauties pun tergoda untuk makan sebelum tidur agar bisa tidur dengan nyenyak.

Melansir Mind Body Green, seorang ahli diet Julie Stefanski, M.Ed., RDN., menjelaskan bahwa tidur dengan perut kosong mengaktifkan hormon stres atau hormon kortisol. Di samping itu, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu sebelum waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur.

Selain itu, makan terlalu malam bisa menaikkan berat badan. Kemudian kesulitan tidur di malam hari juga membuat orang terjaga sepanjang malamnya. Hingga rasa lapar itu datang karena bosan dan itu merupakan lapar emosional.

Dikutip detikFood, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology berhasil menemukan kaitannya antara antara makan tengah malam dengan produktivitas pada keesokan harinya. Banyak orang sering mengonsumsi makanan ataupun camilan tidak sehat pada tengah malam atau sebelum tidur, maka keesokan harinya sulit bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Lalu, makanan apa saja yang ternyata berbahaya dikonsumsi di malam hari? Berikut tiga daftarnya sebagai berikut! 

1. Makanan yang Digoreng dan Berlemak

Makanan yang Digoreng dan Berlemak/Foto: Pexels/Antony Trivet

Mengonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak pada malam hari membuat sistem pencernaan terus bekerja hingga larut malam. Hal ini lantaran sistem pencernaan memecah dan mencerna sehingga mengganggu tidur.

Stefanski pun mengungkapkan bahwa lemak sehat seperti biji-bijian atau alpukat serta kacang-kacangan tidak masalah untuk dikonsumsi. Maka dari itu, makanan yang digoreng, berlemak, maupun lemak jenuh sebaiknya dihindari di malam hari.

 

2. Alkohol, Soda, dan Kopi

Alkohol, Soda, dan Kopi/Foto: Pinterest/Martell

Tidak hanya makanan saja yang dihindari, minuman seperti kopi, soda, dan alkohol juga harus dihindari untuk dikonsumsi di malam hari. Melansir CNN Indonesia, minuman berkarbonasi seperti soda, kopi yang berkafein, serta alkohol dapat membuat Beauties tetap terjaga meskipun badan terasa lelah dan membutuhkan banyak istirahat.

Selain itu, ada efek sampingnya jika mengonsumsi ketiga minuman tersebut, yakni mengganggu sistem pencernaan. Belum lagi kadar alkohol dalam darah juga menyebabkan gangguan tidur sepanjang malam dan menimbulkan insomnia apabila kadar alkoholnya dalam jumlah besar.

3. Makanan Pedas

Makanan Pedas/Foto: Freepik/Jcomp

Makanan pedas juga dapat mengganggu sistem pencernaan di tengah malam ketika sedang terlelap. Sebagai informasi, makanan pedas mengandung capsaicin dalam jumlah yang tinggi, fitokimia yang dapat meningkatkan termogenesis (pembakaran kalori untuk panas) serta meningkatkan metabolisme. Bagi sebagian orang, itu semua bisa mengganggu tidur.

Psikiater nutrisi Uma Naidoo mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi sebanyak 2,5 miligram capsaicin setiap kali makan yakni 7,68 mg/hari, maka itu bisa mengembalikan keseimbangan energi yang ada di dalam tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(ria/ria)