3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Saat Pemeriksaan Barang di Bandara, Hindari!

Bagi travelers atau pelancong, pemeriksaan barang di bandara adalah hal yang wajib dilewati. Hal ini bertujuan agar tidak ada barang berbahaya yang masuk ke dalam pesawat dan mengancam banyak nyawa orang.

Walau banyak orang telah mengerti dengan adanya peraturan ini, masih ada beberapa pelancong yang melakukan kesalahan atau lebih tepatnya lupa dengan beberapa peraturan. 

Dilansir dari RD, data dari USA Today Blueprint memperlihatkan sebesar 59 persen turis melakukan kesalahan saat pemeriksaan barang di bandara ini. Tentu saja hal itu akan cukup merugikan diri sendiri dan orang lain karena memperlambat tahapan ini. 

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Cek di bawah ini! 

1. Lupa Untuk Melepas Sabuk dan Sepatu

Ilustrasi Lelaki Mengenakan Sabuk dan Jam Tangan/Foto: Freepik.com/wirestock

Melepas sabuk dan sepatu saat pemeriksaan adalah peraturan yang sudah lama dibuat. Namun, 28 persen responden menyatakan bahwa mereka pernah lupa untuk melakukan hal ini. 

Ada alasan khusus mengapa peraturan ini dibuat. Bagian dari sabuk dan sepatu sering ada yang dibuat dari bahan logam. Bahan logam ini yang menjadi permasalahan dan membuatmu tidak lolos body detector atau scanner

Lagi-lagi, hal ini berkaitan dengan keamanan semua orang. Petugas menjaga agar tidak ada senjata dan barang berbahaya masuk ke kabin pesawat. 

2. Tidak Mengeluarkan HP, Perhiasan, dan Kunci

Ilustrasi Perempuan Melihat HP/Foto: Freepik.com/prostooleh

Selain sabuk dan sepatu, barang yang biasanya terdapat bahan dari logam adalah HP, perhiasan, dan kunci. Pastikan kamu sudah mengeluarkan itu semua agar proses berjalan lebih cepat. 

Sebenarnya, kamu bisa lolos detektor logam dan body scanner dengan menggunakan perhiasan. Pastikan perhiasan itu tidak ada elemen yang berbahan dari ‘logam magnetis’ seperti besi, nikel, dan baja.

3. Laptop dan Barang Elektronik Lainnya yang Masih Terdapat di Tas Jinjing

Ilustrasi Perempuan Bermain Laptop di Bandara/Foto: Freepik.com/lookstudio

Nggak hanya HP saja, kamu juga perlu mengeluarkan laptop dan beberapa bahan elektronik lainnya seperti kamera dan iPad dari tas jinjing. Dikutip dari DetikEdu, alasan mengapa harus mengeluarkan laptop yakni adanya komponen dari laptop seperti baterai yang terlalu padat untuk dipindai oleh sinar-X. 

Dalam beberapa kasus, kamu bisa juga diminta untuk menyalakan laptop untuk memastikan bahwa laptopmu adalah barang asli dan tidak menyelundupkan barang bahaya di dalamnya. Selain itu, laptop yang masih berada di tas jinjing juga bisa menghalangi petugas untuk mengecek barang lainnya. 

Untuk berjaga-jaga, pastikan kamu sudah meletakkan laptop di baki yang disediakan petugas. Kalau pun kamu tidak diminta petugas, bisa dipastikan bandara telah menggunakan sistem yang jauh lebih canggih dari sebelumnya. 

Itu dia 3 kesalahan pelancong saat pemeriksaan barang di bandara. Agar tidak membuat lama proses ini hingga merugikan penumpang lainnya, pastikan kamu sudah mengeluarkan barang-barang yang akan diperiksa oleh petugas, ya! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)