3 Kebiasaan Orang Jepang yang Bikin Makin Produktif dan Sukses, Kamu Harus Coba!

Semua orang, tentu, berharap bisa melakukan banyak hal di dalam hidupnya dengan produktif. Hal ini tidak mengherankan mengingat produktivitas tinggi kerap dihubungkan dengan kesuksesan seseorang.

Cara untuk menjadi produktif sendiri terbilang banyak dan mungkin berbeda sesuai dengan tradisi dan budaya seseorang. Nah, berikut ini tips produktif yang mengacu pada kebiasaan orang Jepang saat belajar. Dirangkum dari Hack Spirit, yuk, simak!

Memanfaatkan Papan Kanban


Ilustrasi/Foto: Unsplash/airfocus

Dalam bahasa Jepang, kata kanban memiliki arti ‘sinyal visual’. Konsep ini digunakan sebagai cara untuk memvisualisasi status sebuah produk tertentu selama berada dalam proses produksi.

Cara mempraktikkannya adalah dengan menuliskan nama tugas yang sedang kamu kerjakan. Kemudian, pada sebuah papan, dinding, atau meja kosong buatlah sebuah kolom yang bertuliskan setiap tahapan yang harus diselesaikan.

Tahapan-tahapan yang bisa kamu tulis bisa meliputi meneliti, menulis kerangka, menulis draf pertama, merevisi, menulis draf kedua, hingga selesai. Kamu tinggal memindahkan kertas bertuliskan judul tugasmu ke setiap kolom sesuai dengan status tahapan yang telah dilalui.

Memiliki Rutinitas Pagi
Membaca/Foto: Pexels.com/Streetwindy

3 Kebiasaan Orang Jepang yang Bikin Makin Produktif dan Sukses, Kamu Harus Coba!/Foto: Pexels.com/Streetwindy

Waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja bisa digunakan untuk melakukan ritual spesialmu sendiri. Ritual yang dimaksud ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan pikiran demi menghadapi semua aktivitas di sepanjang hari itu.

Kebanyakan orang terbiasa memulai hari dengan beban pikiran negatif yang membuat perasaan mereka menjadi stres dan frustasi. Perasaan seperti ini memang mustahil untuk dikontrol, tetapi kamu masih mengatur tindakan yang bisa membuat perasaanmu menjadi lebih positif.

Memiliki rutinitas pagi adalah hal yang disarankan untuk dilakukan oleh setiap orang menurut konsultan tata ruang Marie Kondo. Kamu bisa melakukan rutinitas seperti menulis jurnal, berjalan-jalan, membaca buku, hingga merapikan kamar tidur sebagai salah satu tips suksesmu.

Memiliki Rutinitas di Malam Hari
Ilustrasi istirahat sensorik/Foto: Freepik.com/lifeforstock

3 Kebiasaan Orang Jepang yang Bikin Makin Produktif dan Sukses, Kamu Harus Coba!/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Setelah menjalani aktivitas di sekolah atau kampus seharian, mengulas jurnal, hingga menyelesaikan banyak tugas, wajar jika kamu merasa kelelahan secara mental maupun fisik. Namun, alih-alih langsung pergi tidur, cobalah untuk menjalani sebuah rutinitas malam hari sebelum memejamkan mata.

Seperti halnya komputer yang harus mengakhiri sesi aplikasi yang mungkin lupa ditutup saat dimatikan, tubuh juga perlu persiapan sebelum mengakhiri hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa kamu bisa melakukan rutinitas malam seperti mandi air hangat karena bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuatmu bangun dengan lebih segar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)