3 Hal Seputar Moon Breathing, Teknik Pernapasan Kuno untuk Atasi Insomnia

Pernah dengar istilah moon breathing? Menurut penelitian yang dilakukan oleh MattressNextDay, pencarian untuk moon breathing mengalami peningkatan sebanyak 100 persen selama setahun terakhir.

Teknik kuno ini dianggap dapat membantu kita tertidur lebih cepat. Namun bagi sebagian orang yang percaya dengan hal-hal mistis, bulan dianggap dapat mengganggu tidur kita terutama menjelang bulan purnama.

Faktanya, sebuah penelitian menegaskan kecerahan bulan purnama dapat menurunkan kualitas tidur hingga 20 menit. Untuk kamu yang mengalami insomnia, teknik moon breathing bisa menjadi solusi. Ini yang perlu kamu ketahui seputar moon breathing seperti yang telah dilansir dari Glamour Magazine.

Pengertian Moon Breathing


Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Moon breathing yang juga dikenal sebagai Chandra Bhedana adalah teknik yoga kuno yang melibatkan pengaturan pola pernapasan untuk membantu kita tertidur.

“Cara melakukan teknik ini adalah dengan menutup lubang hidung kanan dan menarik napas melalui lubang hidung kiri,” jelas guru yoga, Gemma Nice.

Meski terdengar aneh, teknik ini mampu meningkatkan kualitas tidur karena sisi kiri tubuh manusia dianggap memiliki kaitan dengan sistem saraf sehingga bisa memberikan efek relaksasi.

“Ini merupakan cara yang sederhana untuk menenangkan pikiran dan emosi dengan cepat. Teknik ini benar-benar membantu untuk memfokuskan pikiran dan me-reset sistem saraf,” jelas Sarah Harvey, penulis buku Kaizen: The Japanese Method for Transforming Habits, One Small Step at a Time, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Manfaat Moon Breathing

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/YuriArcursPeopleImages

Moon breathing membantu kita mengatur pernapasan, detak jantung, dan sistem saraf, memungkinkan kita merasa tenang, rileks, dan mengantuk tanpa memikirkan apa pun. Teknik ini juga memungkinkan kita melepaskan emosi dari stres dan kecemasan.

Moon breathing berasal dari konsep Jepang Kaizen, yang berarti perubahan menjadi lebih baik, yang berfokus pada peningkatan semua bidang kehidupan terutama menghentikan kebiasaan buruk seumur hidup.

Cara Melakukan Moon Breathing

Moon breathing
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Paling baik digunakan saat stres atau hendak tidur, moon breathing adalah latihan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Caranya:

  1. Duduk tegak atau berbaring, pilihlah yang lebih nyaman untuk dilakukan.
  2. Tutup mata dan rilekskan rongga mata. Bayangkan kamu berenang di genangan air yang sejuk.
  3. Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan.
  4. Letakkan jari kedua dan ketiga tangan kanan di telapak tangan dan rentangkan jari keempat dan kelima.
  5. Tarik napas melalui lubang hidung kiri, lalu tutup dengan jari keempat tangan kanan, sambil melepaskan ibu jari dari lubang hidung kiri dan buang napas melalui lubang hidung kanan.
  6. Atur pernapasan dan terus ulangi tindakan ini selama beberapa menit hingga merasa pernapasan terasa benar-benar lambat dan merasa lebih rileks.

Untuk kamu yang memiliki masalah insomnia atau gejala sulit tidur lainnya, kamu bisa mencoba berlatih moon breathing. Jangan lupa diterapkan, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)