3 Cara Cerdas untuk Membuatmu Jauh Lebih Produktif, Yuk Coba Terapkan!

Kadangkala, saat beraktivitas sehari-hari kita sering mendapat gangguan dari banyak hal. Tentu saja, hal ini bisa memecah konsentrasi dan fokus untuk produktif. 

Mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Beauties lakukan agar menjadi lebih produktif. Nah caranya apa saja, simak!

1. Buat To Do List

Cara agar produktif/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood

Cara pertama adalah kamu harus membuat to do list atau daftar tugas sehari-hari. Hal ini sebagai motivasi untuk mengatur waktu dan bertanggung jawab atas semua pekerjaan yang harus kamu tangani setiap harinya.

Cara membuat to do list adalah dengan mengaturnya berdasarkan tingkat prioritas. Dalam hal ini, jadikan tugas yang harus kamu kerjakan bersama orang lain sebagai tugas pertama yang harus kamu lakukan. Setelah itu, barulah kamu melakukan tugas-tugas pribadimu.

Lalu, setelah semua pekerjaan selesai, ceklis atau hapuslah tugas itu dari to do list-mu. Ini berfungsi untuk mengingatkanmu apa yang sudah kamu lakukan dan belum.

Adapun manfaat dari membuat to do list adalah dapat membantumu merencanakan berapa lama kamu harus menghabiskan suatu tugas, membantu manajemen waktu dan meningkatkan kecepatan kerja, mengingatkan tugas harian, dan mempermudahmu membuat prioritas.

2. Jauhkan Diri dari Ponsel

Jauhkan diri dari ponsel/Foto: Pexels/Sound On

Jauhkan diri dari ponsel atau aktifkan airplane mode di ponselmu agar tidak terganggu notifikasi selama kamu bekerja. Mode pesawat dapat memfokuskanmu dan membuat pikiranmu lebih jernih dan serius dalam mengerjakan tugas harian.

3. Gunakan Teknik Pomodoro

Gunakan teknik pomodoro/Foto: Pexels/Polina Kovaleva

Melansir Todoist, dengan teknik ini kamu bisa mengatur waktu untuk melakukan sesuatu dengan durasi yang kamu tentukan.

Misalnya, kamu harus menyelesaikan tugas A selama kira-kira 25 menit. Nah, dalam rentang waktu tersebut kamu harus fokus pada satu tugas itu saja hingga timer-mu berbunyi. Lalu, lanjutkan tugas lainnya dengan teknik yang sama.

Dengan teknik ini, kamu dapat lebih efektif mengerjakan tugas harian dan semakin banyak yang bisa kamu lakukan setiap harinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya KLIK DI SINI!

(ria/ria)