20 Manfaat Angkat Kaki ke Tembok yang Nggak Banyak Orang Tahu, Termasuk Atasi Stres!

Beauties, pernahkah saat kamu sedang rebahan, lalu iseng mengangkat kaki ke tembok?

Ternyata, pose angkat kaki ke tembok ini adalah salah satu gerakan yoga yang disebut viparita karani (dalam bahasa Sansekerta) atau pose invesi. Jika diterjemahkan, viparita artinya “terbalik” dan karani berarti “beraksi”. Biasanya, pose ini digunakan di kelas Hatha, Yin, ataupun yoha restoratif. 

Menariknya, pose sederhana ini bisa dilakukan sendiri olehmu di rumah dan ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho!

Lantas apa saja manfaatnya? Simak!

1. Menghilangkan Tegang di Leher dan Kepala

Ilustrasi tegang leher/Foto: shutterstock

Pada pose ini, badan dan kepalamu bisa dibaringkan rata di tanah, sementara kaki dibalikkan ke dinding atau tembok. Cara ini, dapat membantu menghilangkan stres dan ketegangan yang ada di leher dan kepala. 

“Manfaat dari posisi kaki di atas tembok dibandingkan dengan headstand atau shoulder stand adalah bisa memperoleh manfaat inversi tanpa membuat leher dan kepala stres atau tegang,” terang Ketua Kesehatan dan Pengobatan Pencegahan, Robert Saper, MD, MPH, dikutip dari situs Health Cleveland Clinic.

2. Tingkatkan Sirkulasi Cairan Tubuh
Pose yoya viparita karani (angkat kaki ke tembok).

Ilustrasi yoga/Foto: Kellinahandbasket/Flickr

Selanjutnya, pose angkat kaki ke tembok juga bisa bermanfaat untuk mengembalikan sirkulasi cairan tubuh yang tersimpan di kaki. 

“Dengan membalikkan dan menahan pose tersebut, memungkinkan kembalinya aliran darah dan mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah,” jelas Dr. Saper.

3. Atasi Stres
Ilustrasi anak perempuan stres

Ilustrasi stres/Foto: Getty Images/ljubaphoto

Dalam penelitian tahun 2017 dalam National Library of Medicine oleh Michaela C Pascoe, dkk., dari Departement of Cancer Experiences, Peter MacCallum Cancer Centre, Melbourne menunjukkan, pose angkat kaki ke tembok ini bisa membantu tubuh mendapatkan keadaan relaksasi.

Nah, untukmu yang sedang mengalami stres, bisa mencoba pose ini. 

“Banyak pasien menggambarkan secara anekdot kalau mereka menganggap melakukan pose (angkat kaki ke tembok) ini sangat menenangkan,” beber Dr. Saper.

4. Ringankan Depresi Ringan
Ilustrasi Kurangi Stres/Foto: Freepik.com

Ilustrasi bebas depresi/Foto: Freepik.com

Lalu, berkaitan dengan poin sebelumnya, karena bisa membuat tubuh lebih rileks, hal ini juga memungkinkan untuk membuat seseorang merasa baik secara keseluruhan.

Depresi ringan yang dirasakan bukan hal tak mungkin untuk diatasi, jika pose yoga ini rutin kamu lakukan. 

Beauties, selain ketiga daftar di atas, masih ada sederet manfaat lainnya. Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)