2 Gejala Menopause yang Paling Banyak Dialami Perempuan Asia, Menurut Riset Terbaru!

Menopause adalah akhir dari siklus menstruasinya seorang perempuan. Biasanya, seorang perempuan yang akan mencapai masa menopause akan mengalami beberapa tanda atau gejala. 

Terkait hal ini, baru-baru ini riset mengungkap dua gejala teratas menopause yang banyak dikeluhkan oleh perempuan di Singapura. Ternyata banyak keluhan berbeda dengan yang dilaporkan di populasi negara barat atau Eropa 

Gejala Menopause yang Banyak Dialami Perempuan Asia

Gejala menopause yang paling banyak dialami perempuan Asia//Foto: Freepik.com/stefamerpik

Para peneliti menemukan mereka jarang mengalami hot flushes, sensasi panas yang tiba-tiba muncul di tubuh bagian atas, termasuk wajah, leher, dan dada.

Adapun dua gejala yang muncul adalah nyeri sendi dan otot. Lebih dari dua pertiga perempuan paruh baya mengeluhkan gejala tersebut, dikenal juga sebagai artralgia, mulai dari nyeri ringan hingga sangat parah. 

“Perempuan di Barat menyebutkan gejala vasomotor (umumnya dikenal sebagai rasa panas) sebagai masalah menopause teratas yang mereka hadapi, sementara nyeri sendi berada di urutan kelima,” kata Profesor Yong Eu Long, konsultan emeritus di Departemen Obstetri dan Obstetri Rumah Sakit Universitas Nasional. Ginekologi, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (19/1/2024).

Oleh karena itu, meskipun gejala hot flusher telah dipelajari secara luas, perhatian terhadap gejala artralgia masih relatif sedikit. 

Lebih lengkap tentang informasi penelitiannya, baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)